Harta, rupa, ketenaran, keuntungan, empat hal ini bukan hanya merusak
Saddharma (Dharma sejati), supaya pelatihan dirimu tidak berhasil, bersamaan
itu pula merusak Dharma Duniawi. Anda ingin memperoleh harta kekayaan, ingin
jadi kaya raya, Buddha dapat mengabulkan permohonan-mu, seperti apa yang
dikatakan sebagai “Di dalam Pintu Buddha segala permohonan pasti dikabulkan”, memohon
kekayaan mendapat kekayaan, memohon putra-putri dikaruniai putra-putri, memohon
kedudukan mendapat kedudukan, segala permohonan pasti terkabul.
Sekarang orang yang memohon itu jumlahnya banyak, lantas apakah Buddha
akan mengabulkannya? Buddha takkan mengabulkannya, mengapa demikian? Oleh
karena permohonan-nya bertentangan dengan kebenaran. Baru mempersembahkan
secuil harta benda, berniat menyogok Buddha dan Bodhisattva, karma buruk yang
diciptakan ini sungguh berat, menganggap Buddha dan Bodhisattva itu pejabat
korup, tawar menawar persyaratan dengan Buddha dan Bodhisattva, setelah anda
bersedia membantuku jadi kaya, barulah saya akan menyumbang sepuluh ribu dolar,
dia mengira Buddha dan Bodhisattva tamak akan harta, keterlaluan!
Sang Buddha membabarkan kepada kita dari mana kekayaan itu berasal? Di
dalam Dharma Duniawi, kalau tidak punya uang tidak bisa menangani urusan, begitu
pula di dalam Dharma Non Duniawi, tanpa uang urusan tidak tertangani, dapat
dilihat bahwa inilah yang dibutuhkan oleh manusia, tetapi tidak boleh
terlampau, asalkan cukup maka harus tahu merasa puas.
Alasan yang sesungguhnya adalah di dalam garis hidupmu ada harta
kekayaan, sebaliknya bila di dalam garis hidup tidak ada, pakai cara apapun
juga tidak bisa mendapatkannya. Jadi di dunia ini orang jadi kaya karena memang
ada di dalam garis hidupnya. Contohnya orang terkaya Hong Kong yang bernama Li Ka-shing,
beliau datang ke Hong Kong dikarenakan jodohnya, biasanya kita sebut sebagai
peluang, kesempatan baginya untuk jadi kaya sudah tiba.
Penasehatnya adalah seorang lansia yang merupakan ahli Fengshui, juga
seorang peramal yang jitu, bernama Mr. Chen Lang, tempo dulu ketika saya
memberi ceramah di Hong Kong, beliau selalu hadir menjadi pendengar, beliau
telah wafat beberapa tahun yang silam.
Mr. Chen Lang merupakan penasehat Li Ka-shing, beliau memberitahuku
bahwa saat permulaan Li Ka-shing tiba di Hong Kong, masih berusia sekitar 30
tahun, mulai berdagang, pada sebuah kesempatan mereka bersua, lalu Mr. Chen
Lang meramal peruntungan Li Ka-shing, setelah selesai beliau bertanya pada Li Ka-shing,
anda berharap bisa memperoleh berapa banyak harta kekayaan barulah merasa puas?
Li Ka-shing menjawab : “Saya berharap bisa memperoleh 30 juta dolar,
maka saya sudah merasa cukup”.
Mr. Chen Lang berkata padanya, bukan cuma ini saja, harta kekayaan yang
ada di garis tangan anda adalah kepenuhan hingga tumpah keluar, tak peduli
bisnis apa saja yang anda jalankan pasti mendatangkan keuntungan, walaupun
orang lain membuka bisnis yang serupa denganmu, namun rejeki tetap berpihak
padamu, mengapa demikian? Oleh karena ada di dalam garis hidupmu. Kelak anda
akan menjadi orang terkaya di Hong Kong.
Kemudian Li Ka-shing mengangkat Mr. Chen Lang menjadi penasehatnya,
segala urusan baik besar maupun kecil tetap meminta pendapatnya, sampai
akhirnya Mr. Chen Lang tutup usia.
Ramalan Mr. Chen Lang telah jadi kenyataan, Li Ka-shing menjadi orang
terkaya di Hong Kong. Jadi mesti diingat, bila di garis tangan tidak ada,
walaupun menghalalkan segala cara, anda juga tidak mungkin bisa mendapatkannya.
Andaikata anda berharap menggunakan cara yang tidak halal seperti yang
disebutkan dalam sutra sebagai “Dosa dan moha, mendorong
keserakahan, menelan harta orang lain,
agar diri sendiri bisa lebih banyak menikmati kesenangan”, memakai cara begini
supaya bisa jadi kaya, maka ini sudah salah besar!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Januari 2017
財、色、名、利,這四樁事情不但毀壞正法,讓你修學不能成就,同樣的也損害世間法。你想得財富,想發財,佛可以滿你的願,真的不是假的,所謂「佛氏門中有求必應」,求財富得財富,求兒女得兒女,求富貴得富貴,有求必應。現在人求的人多,佛有沒有給他?佛沒有給他,為什麼?他的希求不如理不如法。對佛菩薩供養一點財富,賄賂佛菩薩,這個造的罪業重,把佛菩薩當作貪官,跟佛菩薩談條件,你幫助我發財,我發一萬塊錢財,我會拿一千塊錢來供養你,談這個條件,以為佛菩薩都是貪財的,錯了!
佛告訴我們,財從哪裡來的?世間法裡頭沒有財不能辦事,出世間法也一樣,沒財也辦不了事,可見得這是人的需要,但是不能過分,適可而止。真正的原因,得財富是你命中有財,命中沒有,用什麼方法你也得不到。除非佛教給你,佛教給你的是正法。世間人發財的人,命裡有。香港的首富李嘉誠命中有財,到香港來是他的緣分,我們一般講機會,發財的機會又遇到了。這樁事情是他的顧問,以前有一位老先生,看風水看得很好,看相算命也高明,陳朗先生,早年我在香港講經,他常常來聽經,前些年過世了,他是李嘉誠的顧問。他告訴我,李嘉誠到香港來,早年間初到香港,大概三十歲的樣子,來做生意,他們兩個碰到了,陳朗先生會看相,看他的相,很讚歎他,問他的八字,給他算命,然後就問他,你在香港做生意,希望擁有多少財產你就滿意?他說,我有三千萬就滿意了。陳朗先生告訴他,不止,你的命裡面的財富是漫出來的財富,無論你做什麼生意都賺錢,人家跟你一樣做,那個蝕本你賺錢,為什麼?命中有。命中財富從哪裡來?他還告訴他,你將來是香港首富。所以李嘉誠先生就請他做顧問,大大小小都向他請教,一直到老先生過世。真的成為香港首富了,他算得那麼準。記住,你命裡沒有,你想什麼樣的方法,你都得不到。如果用像經上所講的「瞋恚愚痴,欲自厚己」,用這種方法來求財,那你就大錯特錯了!
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一四集) 2017/1/8
Saya sendiri pada waktu silam, juga ada yang meramal nasibku, katanya
gudang hartaku kosong melompong, dengan kata lain, tak peduli bisnis apapun yang
kujalankan, hanya akan rugi. Guruku Master Zhang Jia mengetahui hal ini, saat
itu usiaku masih muda, guru memberitahuku, di dalam garis hidup tidak ada
kekayaan bukanlah masalah, asalkan mau berdana, maka kekayaan di dalam garis
hidup bisa diisi.
Bagaimana caranya? Yakni dengan Amisa Dana (dana materi). Sekarang anda
tidak mempunyai uang, tetapi bangkitkan hati yang mau berdana, setiap saat juga
membangkitkan pemikiran ini, kita mesti menggunakan harta kekayaan untuk
membantu orang lain, membantu orang lain buah akibatnya adalah memperoleh kekayaan.
Dharma Dana membantu orang, contoh dari Dharma Dana adalah memberi
ceramah, mencetak buku sutra, mencetak buku Dharma. Dengan mencetak buku sutra
berarti telah melakukan Dharma Dana sekaligus juga dana materi, oleh karena
mencetak buku sutra membutuhkan biaya. Jadi mencetak buku sutra atau buku
Dharma telah mencakup dua jenis dana.
Kami jadi teringat pada Master Yin Guang sepanjang hidupnya, dana
persembahan umat di sepuluh penjuru, seluruhnya digunakan untuk mencetak buku
sutra dan buku-buku yang menasehati manusia agar berbuat baik. Saat terjadi
bencana alam, Master Yin Guang akan mengambil satu bagian dari dana percetakan
untuk membantu korban bencana, membantu korban bencana termasuk Abhaya Dana.
Tindakan Master Yin Guang ini telah mencakup keseluruhan tiga jenis dana
yakni Amisa Dana, Dharma Dana dan Abhaya Dana.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Januari 2017
我過去也有人給我算命,我的財庫空空,沒有,換句話說,不管做什麼生意,只是有賠本,沒有賺錢,什麼原因?財庫裡空的。我的老師知道,章嘉大師,我年輕時候跟他,他告訴我,你要修法,命裡頭沒有財富不要緊,你只要肯修,你命裡財富可以把它補起來。怎麼修法?財布施。告訴我這個祕訣,財布施得財富。你現在沒有財富,但是要有布施的心,時時刻刻能想到,我們要用財富去幫人,幫助人果報得財富。法布施幫助人,法布施是講經教學,你說我們印送經書、善書,這都是屬於法布施,我們印出經本來布施,法布施裡頭有財布施,財布施裡頭有法布施,換句話說,兩種布施都有。
我們就想到印光大師一生,十方的供養他就做一樁事情,統統印經,印這些善書勸人為善,他做這個,他不做別的用途。遇到災難了,水災、旱災這些天然災害,老法師會從印經的款項裡面撥出一部分去救災,救災是屬於無畏布施。老和尚這個做法你看看,財施、法施、無畏施三種具足。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一四集) 2017/1/8
Bila di dalam garis hidup benar-benar tidak ada harta kekayaan, maka
melangkahlah di jalan begini, ketika orang lain menggalang dana untuk mencetak
buku sutra, maka berdanalah sesuai kemampuan, besar kecil jumlahnya janganlah
dipersoalkan, jasa kebajikannya adalah sama, punya uang banyak maka sumbanglah
lebih besar, kalau tidak punya uang maka sumbanglah sedikit, satu atau dua
dolar saja juga diterima.
Sepanjang hidup ini selalu mengingat, setiap saat saya berharap bisa
mempunyai kesanggupan membantu orang lain, kemampuan ini akan mengikuti usiaku
setiap tahun kian bertambah, demikianlah kekayaan yang ada di dalam garis
hidupmu diperoleh, jadi janganlah berharap bisa mengelabui harta orang lain.
Harta kekayaan orang lain tidak bisa direbut, walaupun anda berhasil
merampasnya, tetapi di sisi lainnya juga bocor dan mengalir pergi. Harta
kekayaan kita dikarenakan niat buruk sehingga bocor keluar. Andaikata di dalam
garis hidup cuma punya harta tak seberapa maka mudah habis kebocoran, hingga
usia tua hidup kesusahan, ini tidak boleh tidak diketahui.
Maka itu niat itu harus benar, tidak boleh mengelabui orang lain, tidak
boleh mencelakai orang lain, asalkan bertindak sesuai kebenaran, pasti ada
manfaat bagus yang bisa dipetik.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Januari 2017
真正命中沒有財富,就走這條路,別人印經在募款的時候,多少都不計較,功德都一樣的,有錢多出一點,沒有錢少出一點,一塊兩塊都收,看佛書後面有一個功德名單,你一看就明白了。這個名單放在經典的後面,有作用的,讓我們命中沒有財富的,看到了這是個好方法,我一生能記住,時時刻刻希望我有能力幫助別人,這個能力會隨著你的年齡,年年增長,你命中的財富就這樣子得來了,千萬不能投機取巧,希望奪取別人的財富。別人有財富你奪不了,你奪去了,他那邊又生出來了。而我們自己的財富是因為心行不善而漏掉,命裡本來財富不多會漏光了,到晚年日子怎麼過,不能不知道。所以用心要正,不能欺騙別人,不能傷害別人,一切能順著理去做,決定有好處。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一四集) 2017/1/8
Yang namanya nafsu keinginan itu di dalam masyarakat sekarang ini sudah
jadi lumrah. Siapa yang tidak tamak? Bahkan praktisi yang belajar Ajaran Buddha
saja juga berhati loba, mengapa demikian? Oleh karena dia melihat semua orang
juga serakah, sehingga hatinya jadi tercemar.
Berapa orang yang tidak tamak? Yang tidak serakah bisa diejek sebagai
orang tolol, otaknya sudah tidak beres, abnormal, lingkungan besar ini
mengajarimu lobha, dosa dan moha.
Kalau kita sudah tercemar oleh lobha, dosa, moha, tiga racun ini, maka
Sepuluh Kejahatan anda sudah sempurna, oleh karena serakah maka pasti membunuh,
mencelakai makhluk lain, mencuri, berzinah. Inilah karma buruk yang dilakukan
melalui badan jasmani. Sedangkan karma buruk yang dilakukan melalui mulut
adalah berbohong, menghasut, merayu, berkata kasar. Kalau Sepuluh Kejahatan
sudah sempurna, apa akibatnya? Jatuh ke Neraka Avici, maka itu praktisi Ajaran
Buddha harus mempunyai akal sehat, pikiran mesti sadar dan tenang.
Lihatlah dunia ini, mengenang kembali masa-masa silam diri sendiri,
andaikata Sepuluh Kejahatan pernah diperbuat, maka ini merupakan masalah besar.
Masa depannya adalah jatuh ke tiga alam rendah. Lebih berat lagi kalau
melakukan Sepuluh Kejahatan secara keseluruhan, maka jatuh ke Neraka Avici,
neraka yang paling berat siksaannya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Januari 2017
我們再看下面的註解,「欲貪即貪欲,貪惡也」,貪瞋痴裡面的貪心,欲是欲望,這個在現前社會非常普遍。哪一個人不貪?連學佛的人也起貪心,為什麼?因為他看到大家都貪,他就被染污了。幾個人不貪?不貪的,人家說他傻子,說他頭腦有問題,說他不正常,這個大環境教你貪、教你瞋、教你痴。如果我們染上貪瞋痴三毒,你的十惡業就圓滿了,因為貪必定殺生、傷害眾生,偷盜、淫欲肯定都來了。身做殺盜淫;口,妄語,欺騙人;兩舌,挑撥是非;綺語,花言巧語,騙人;惡口,說話難聽。十惡全了,果報在哪裡?無間地獄,學佛的人頭腦要清醒要冷靜。
你看這個世間,回過頭來再想想自己,自己如果統統染上,這個麻煩就大了。染上什麼?你就曉得,染上前途是三惡道,壽命終了,必墮三途,稍稍嚴重一點的,就是十惡都全了,佛經上說的,十惡全做的人是無間地獄,地獄裡頭受苦最嚴重的地方是無間地獄,無間是受苦沒有間斷、沒有休息。從你墮地獄到出來大概要多久?要論劫數算的,不是年月日的。多少劫?不是千劫萬劫,而是無量劫。大家一定要記住,佛說真實話,佛不騙人,佛不嚇唬人,佛給你說的都是真的、都是事實。我們這個事情能不能做?不能做,做了以後是真麻煩。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一四集) 2017/1/8