Nafsu indria merupakan dosa yang paling berat, yang
dapat melibatkan serta pembunuhan dan perampokan, ini merupakan masalah besar,
akibatnya jatuh ke Neraka Avici.
Mungkin kita masih belum memahami bagaimana yang
disebut dengan Neraka Avici itu, tetapi setelah membaca buku-buku Ajaran
Buddha, barulah kita menyadari betapa mengerikannya siksaan yang dialami, yang
tak terungkapkan dengan kata-kata.
Namun justru dalam masyarakat sekarang ini, yang
menciptakan karma buruk yang akibatnya
jatuh ke Neraka Avici ini terlampau banyak jumlahnya, yang kita lihat dan kita
dengar, berapa banyak yang tidak menciptakan karma buruk yang berakibat jatuh
ke Neraka!
Apa yang dimaksud karma buruk yang akibatnya jatuh
ke Neraka? Yakni membunuh, mencuri, berzinah dan berbohong. Maka itu Buddha Sakyamuni
menetapkan Lima Sila, yang khusus untuk melenyapkan kekotoran batin ini.
Lima Sila adalah : Tidak membunuh, Tidak Mencuri,
Tidak Berzinah, Tidak Berbohong dan Tidak minum arak. Mengapa tidak boleh minum
arak? Oleh karena setelah mabuk, dia akan kehilangan kesadaran dan akal sehat,
apapun berani dilakukannya.
Maka itu Buddha menetapkannya sebagai sila yang
berat, sungguh beralasan, bahkan lebih berat lagi bila dibandingkan dengan
kesombongan dan kecurigaan.
Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan amatlah penting,
merupakan jalur yang ditetapkan oleh Buddha Sakyamuni, jalur untuk mencapai
KeBuddhaan di Alam Saha; membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo
merupakan jalur yang ditetapkan oleh Buddha Amitabha, langsung menuju ke Alam
Sukhavati.
Ucapanku ini mudah dipahami oleh praktisi sekalian,
sekaligus juga memiliki kesan yang mendalam. Kita mesti mengikuti jejak Buddha
Sakyamuni dan Buddha Amitabha, Jalan ini adalah langkah menuju ke arah
pencapaian KeBodhian tertinggi tiada taranya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2017
男女婬欲罪是最重的,殺跟盜都可以連帶起來,那個麻煩很大,果報在無間地獄。無間地獄我們沒有這個概念,真正讀佛書,真正讀儒跟道的書,念多了你會有概念,那苦不堪言,沒法子說。今天這個社會,造無間地獄的惡業太多了,我們看到、聽到、接觸到的,幾個不造地獄業!什麼是地獄業?殺盜淫妄。妄是妄語,欺騙人。所以佛制定五戒,專門對治這個煩惱。五戒:不殺生、不偷盜、不淫欲、不妄語、不飲酒。為什麼?酒醉了,人就迷了,他就失去理智,什麼罪業他都造。所以佛把酒定為重戒,很有道理,它比傲慢、比懷疑罪還重。五戒十善重要,是釋迦佛的軌道,娑婆世界成佛的軌道;信願持名是阿彌陀佛的軌道,直通極樂世界,我這個說法大家很容易懂,會有個很深刻的概念。我們要走釋迦佛的路,我們要走阿彌陀佛的路,這個路通達到無上菩提。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一三集) 2017/1/4
“Ketika duduk di sebuah jabatan menyalahgunakan
kekuasaannya, memanfaatkan peluang untuk mempergunakan fasilitas umum,
merugikan orang lain demi meraih keuntungan bagi diri sendiri, merugikan negara
dan rakyat serta menciptakan berbagai karma buruk”.
Kalimat ini menggambarkan keadaan sekarang ini,
pada era kita sekarang ini, tak peduli di Tiongkok maupun negara lainnya, di
seluruh pelosok dunia juga ada, tak peduli di kota atau di dusun, ketika
seseorang memegang sebuah jabatan, siapa yang tidak melanggarnya?
Sepanjang hidupku pernah bersua dengan seorang
sosok pejabat yang berbudi luhur. Pada periode melawan penjajahan, saya
bersekolah di Guizhou, sayangnya waktunya begitu singkat, setahun setelah
menang melawan penjajahan, sekolah kami menampung anak-anak pengungsian, yang
tidak mempunyai rumah lagi buat berteduh.
Kami mengecap pendidikan di sekolah, makanan juga
disediakan oleh pihak sekolah, tidak perlu biaya, kami tidak memiliki uang juga
tidak punya pekerjaan, juga kehilangan rumah dan keluarga. Negara menanggung
semua pengeluaran biaya ini, setelah menang melawan penjajahan, semua ini juga
ikut berakhir.
Saat itu guru kami bernama Mr. Zhou Bang-dao,
beliau merupakan satu-satunya sosok pejabat berbudi luhur. Ketika berusia
lanjut, beliau pindah ke Taiwan, kami bersua kembali di Taiwan, selanjutnya
kami sering bertatap muka, sampai di Taiwan beliau masih menjadi pegawai
pemerintah, sebagai asisten menteri.
Pemerintah memberikan fasilitas mobil dan rumah
padanya, bahkan di rumahnya dipasang juga telepon. Beliau mengingatkan istri
dan putra putrinya bahwa biaya telepon di rumah mereka adalah ditanggung
negara, untuk keperluan pribadi tidak boleh menggunakan telepon di rumah,
siapapun tidak boleh menggunakannya termasuk dia sendiri, oleh karena telepon
tersebut ditujukan untuk memudahkan bagi pekerjaannya sebagai pejabat publik.
Ketika ingin menghubungi sahabatnya, dia akan
keluar rumah menggunakan telepon umum dan memasukkan koin-koin, dia takkan
menggunakan telepon di rumahnya.
Pemerintah memberikan padanya fasilitas mobil,
biaya minyak ditanggung negara, jadi kalau bukan untuk urusan pekerjaan, dia
takkan menggunakan mobil, untuk urusan pribadi dia akan naik bus, beginilah
kepribadiannya.
Putranya bilang padaku, otak ayahnya bermasalah,
kenapa bisa begitu, keluarga siapa yang tidak menggunakan fasilitas ini? Cuma
keluarga kami saja yang tidak diijinkan menggunakannya. Pejabat jujur akan
menghemat satu sen pengeluaran demi rakyat, tidak berani menghamburkannya, juga
tidak berani menyalahgunakannya. Umat Buddha yang tulus akan melafal Amituofo
bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Ketika berada di Tiongkok, hubungan kami adalah
guru dan murid, sampai di Taiwan hubungan kami menjadi rekan melatih diri,
beliau juga berguru pada Upasaka Li Bing-nan.
Pemasukan-nya sangat terbatas, kehidupannya amat
bersahaja, namun kedudukan-nya sangat tinggi, di Daratan Tiongkok masih ada
handai taulan dan sahabat, beliau menyalurkan bantuan kepada mereka, setiap
bulan separuh gajinya dikirim ke Daratan Tiongkok, untuk membantu mereka dan
tidak pernah absen, setiap bulan juga begitu.
Demikianlah sosok Upasaka Zhou Bang-dao, dalam
keadaan yang serba sulit masih bisa mempertahankan kesusilaan, sungguh tidak
mudah. Teman-teman sekolah kami yang pindah ke Taiwan ada dua ratus sekian
orang, kami semua begitu salut pada guru, semua teori yang dipelajari berhasil
diterapkan dalam kehidupannya, bahkan diamalkan dengan begitu
bersungguh-sungguh, tiada yang dipaksakan sama sekali.
Dimulai dari diri sendiri, selanjutnya anggota
keluarga sendiri, sehingga menjadi teladan bagi masyarakat, siapa yang bisa
serupa dengan dirinya, jujur dan mulia!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2017
「表在位者利用權勢,巧取豪奪,損人利己,誤國殃民種種惡業也」。這個簡單的說就是現在,在我們這個時代,無論是中國外國,全世界都有,都市、村莊,具有權位的幾個不犯的?我這一生真正遇到一個。抗戰期間我在貴州讀書,可惜時間很短,一年抗戰勝利了,我們的學校收受流亡學生,無家可歸的。所以在學校讀書,吃住都是學校供給,不繳費的,沒有錢,沒有職業,也無家可歸,國家收容,勝利之後就解散了。我們的校長周邦道先生,我這一生看到一個,真看到,不是假的。晚年他在台灣,我們在台灣又遇到了。台灣遇到常常見面,他在台灣也是公務人員,他的官級是副部長,考選部的政務次長。公家配給他汽車,家裡給他裝了電話,他告訴他的家人妻子兒女,這個電話是公家付錢,私人不能用,任何人都不可以用,包括他自己,都是公務往來方便的。自己老朋友談天,他到外面公用電話亭去投錢,用那個電話,不用家裡頭的。有汽車配給他,汽油是公家給的,不是公事不可以坐這個車,他自己上街去,是私事他都坐巴士,是這麼一個官。他的兒子告訴我,他說爸爸頭腦有問題,他說怎麼會是這樣,誰家裡人不用?就是我們這一家不准用。天下第一清官,一分一毛都替公家節省,不敢浪費,不敢錯用了地方。虔誠的佛教徒,都是念佛往生淨土的。
我們在台灣,在大陸是師生關係,到台灣是同學,他也是拜李炳南老居士做老師,跟老師學佛,我們就變成同學,我跟李老師學經教,他跟李老師學淨土。到哪裡去找?他的收入很有限,生活很清苦,地位很高,大陸上還有親戚朋友在,救濟他們,每個月發薪水,大概一半寄到大陸,幫助這些人,沒有缺過,月月都寄。所以這樣的人家,在這個年頭還恪守道德,非常不容易。我們同學到台灣居住的,大概有兩百多人,我們對老師佩服得五體投地,無話可說,他所讀的書他都做到了,而且非常認真做到,沒有絲毫勉強。從自己做起,從自己家人做起,公務人的典範,哪個人能像他那麼樣的清白、清高!
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一三集) 2017/1/4
“Tak peduli muda maupun yang lebih tua,
keluarga sendiri ataupun orang luar, juga saling membohongi”. Bagaimana kesan
kita setelah membaca kalimat “Sutra Usia Tanpa Batas” ini? Pikir-pikir keadaan
masyarakat sekarang ini, hubungan antar manusia saat kini, sungguh mengerikan.
Boleh
dikatakan jadi orang itu sungguh susah, amat sengsara, mengapa demikian? Setiap
saat harus meningkatkan kewaspadaan dan berjaga-jaga namun juga bisa kecolongan.
Seperti peribahasa yang berbunyi “Hati yang mencelakai orang itu tidak boleh ada,
tetapi hati yang mewaspadai orang itu harus ada”, ini adalah ucapan orang jaman
dulu.
Lantas
bagaimana kalau kita sudah sampai pada tahap sudah berjaga-jaga namun juga
kecolongan, apa yang mesti dilakukan? Hanya dengan mencari perlindungan pada
Buddha, Ajaran Buddha mengajari kita untuk melepaskan kemelekatan, jadi tidak
perlu mewaspadai dan mencurigai orang lain.
Tidak bersaing
dengan orang lain, patut diketahui bahwa perseteruan adalah menciptakan karma
buruk, tidak berseteru barulah disebut sebagai insan mulia. Saya tidak bersaing
dengan orang lain, anda menghendakinya maka saya mengalah, anda maju saya
mundur, beginilah orang baik.
Apakah
saya bisa disebut lemah dan tak berguna? Bukan, orang lain tidak bisa
menilainya, tapi Buddha dan Bodhisattva mengamati dengan jelas, malaikat dan
setan melihatnya dengan jelas.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2017
『尊卑中外,更相欺誑』。我們讀了怎麼樣?想想現在的社會,現在人與人的關係,可怕。可以說做人很難,很辛苦,為什麼?防不勝防。害人之心不可有,防人之心不可無,古人的話。那我們走到防不勝防的時候,怎麼辦?只有找佛,佛教我們徹底放下,就不需要防了。不跟人競爭,爭就是罪,無爭就是君子,就是好人。我不跟人爭,你爭我讓,你進我退。是不是懦弱?不是,別人看不懂,佛菩薩看懂,鬼神看懂。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一三集) 2017/1/4
Kehidupan manusia yang bahagia tiada sangkut
pautnya dengan kedudukan dah harta benda, anda mesti memahami hal ini. Buddha
Sakyamuni tidak mempunyai kedudukan, Sang Buddha makan satu kali sehari yakni
pada siang hari, berpindapatra di alam terbuka, tidak memiliki harta kekayaan,
seluruh harta bendanya cuma tiga helai jubah dan sebuah patra, ini harus
diketahui.
Buddha Sakyamuni setiap hari melatih berdana,
Beliau tidak memiliki apa-apa, bagaimana cara Beliau berdana? Yakni Dharma Dana.
Setiap hari membabarkan Dharma, menasehati manusia agar melenyapkan kejahatan
menimbun kebajikan, inilah cara Sang Buddha berdana.
Beliau tidak memiliki kekayaan eksternal, hanya
memiliki kekayaan internal, apa yang dimaksud dengan kekayaan internal? Yakni
semangat, tenaga, waktu, inilah harta internal.
Maka itu buah akibat yang dipetik adalah
kehidupan-Nya tidak kekurangan, ada dermawan yang memberi persembahan. Meskipun
persembahan berlimpah, namun Sang Buddha hanya mengambil secukupnya saja, kelebihannya
dialihkan pada orang lain yang memerlukannya.
Praktisi pemula tidak ada yang memberinya
persembahan, sementara itu Buddha, Bodhisattva dan Arahat justru memiliki
kelebihan, sehingga membaginya kepada mereka. Kebenaran ini patut kita pahami, kita
teladani, kian belajar kian bersukacita, kian belajar kian merasa bebas dan
leluasa.
Tahun ini merupakan 66 tahun sudah saya belajar
Buddha Dharma, memberi ceramah Dharma sudah 58 tahun lamanya, saya mengikuti
jejak Buddha Sakyamuni, memperoleh pemberkatan Sang Buddha, masih sanggup
memberi ceramah dalam usia yang sudah begitu lanjut.
Saya tidak ingin berceramah lagi, selanjutnya ada
penerusku, baru-baru ini saya menemukannya, saya begitu bersukacita; masih ada
satu lagi, belum bertatap muka, tapi sudah menjalin komunikasi. Mereka itu
orang yang bagaimana? Jujur dan tulus, patuh dan tekun.
Hari ini saya menasehati orang agar mengulang
membaca ribuan kali, maka maknanya bisa dipahami dengan sendirinya, yang
mengulang tiga ribu kali jumlahnya sangat banyak, ada yang mengulang enam ribu
kali, ada pula yang mengulang sampai sepuluh ribu kali, bahkan ada yang sampai
dua puluh ribu kali.
Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, saya ingin
melihat apakah dia telah mencapai samadhi atau belum, harusnya dia sudah
mencapai samadhi.
Lantas bagaimana kalau dia belum mencapai samadhi,
apa alasannya? Masih ada bentuk pikiran yang masih belum sanggup dilepaskannya.
Bentuk pikiran yang berat mencakup keserakahan, kebencian, kebodohan,
keangkuhan dan kecurigaan, yang merupakan kenikmatan dari Lima Nafsu Keinginan
(harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Sad Visayah (rupa, suara, bau-bauan,
rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), kalau kemelekatan ini tidak dilepaskan
maka tidak dapat mencapai samadhi.
Saya harus menasehatinya supaya melepaskan hal ini,
saya percaya tidak lebih dari tiga tahun kemudian, Samadhi Pelafalan Amituofo
pasti tercapai, pencerahan terbuka. Pencerahan kecil juga lumayan, pencerahan
kecil adalah Arahat, pencerahan besar adalah Bodhisattva, pencerahan sempurna adalah
Bodhisattva Dharmakaya (Calon Buddha).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2017
快樂幸福人生與地位不相干,與財富不相干,這你一定要懂。釋迦牟尼佛沒地位,釋迦牟尼佛日中一食,外頭托缽,沒財富,全部的財產三衣一缽,要懂得。釋迦牟尼佛天天修布施,他什麼都沒有,用什麼布施?法布施。天天給人講經教學,勸人斷惡修善,這是他的布施。他沒有外財布施,他有內財布施,內財是什麼?我的精神、我的體力、我的時間,這是屬於內財。所以他的果報,他樣樣不缺,有供養,樣樣不缺。雖有供養在面前,他不多取,轉來布施給別人。初學佛的人沒有人供養,佛菩薩、阿羅漢有多餘的,分給他們。這個道理我們要懂,我們要學,愈學愈快樂,愈學愈自在。
今年是六十六年,我學佛,講經五十八年,我走釋迦牟尼佛的路子,真的,得釋迦牟尼佛加持,這麼大年歲還在講。我不想講了,後繼有人,我最近發現,非常歡喜;還有一個,還沒見面,已經有聯繫了。什麼樣的人?老實、聽話、真幹。今天我勸人,讀書千遍,其義自見,念三千遍的很多,有念六千遍的,有念一萬遍的,有念二萬遍的。一門深入,長時薰修,我要來看看他有沒有得三昧,照理說必定得三昧。不能得三昧什麼原因?他有妄想沒放下。妄想裡頭最嚴重的是貪瞋痴慢疑,是五欲六塵的享受,這個沒放下他得不到三昧。我必須要勸勸他把這個放下,我相信不出三年,念佛三昧得到了,就開悟了。小悟都不錯,小悟是阿羅漢,大悟是菩薩,大徹大悟是法身菩薩。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四一三集) 2017/1/4