Kamis, 06 Juli 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2017


Tujuan akhir dari praktisi yang belajar Ajaran Buddha adalah pulang ke Nitya-sthita (tanah suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati), menyempurnakan KeBuddhaan. Setelah pulang ke Nitya-sthita, bila ada jodoh, maka menampilkan diri. Untuk apa? Bila melihat ada makhluk yang berjodoh denganNya yang sedang tersesat, maka Buddha di Nitya-sthita akan menampilkan diri.    

Wujud apa yang akan ditampilkan? Tidak ada wujud yang tetap, berlainan menuruti jalinan jodoh, menampilkan wujud yang serupa dengan para makhluk yang akan diselamatkanNya, contohnya ketika hendak menyelamatkan manusia, maka Beliau akan menampilkan wujud manusia.

Buddha Sakyamuni datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia, maka Sang Buddha menampilkan diriNya sebagai manusia. Wujud apa yang kita sukai, maka Beliau akan menampilkan diri sebagaimana mestinya. 

Buddha Sakyamuni menampilkan diri sebagai manusia, sehingga kita merasa serupa denganNya, padahal dalam kenyataannya adalah tidak serupa, dimanakah letak perbedaan tersebut? Kita masih melekat pada rupa atau wujud, kita menganggap bahwa rupa itu nyata adanya, sedangkan para Buddha tidak melekat pada rupa atau wujud, menampilkan diri namun takkan melekat, jadi perbedaan ini sungguh besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2017

學佛的人,終極的目標,回歸常寂光,證得究竟圓滿的佛果。回歸常寂光,有緣現身,什麼緣?遇到眾生有緣,眾生怎麼樣?迷了,常寂光裡頭佛現身了。現什麼樣的身?沒有一定,因緣而異,殊勝的緣,法身菩薩,那現什麼身?現佛身,現法身佛,現報身佛,度他們。要現同樣的身,遇到我們現前的眾生跟他有緣,我們在人道,他就現人身。釋迦牟尼佛現人身,夏蓮居老居士現人身,黃念祖老居士現人身。為什麼?要跟我們說法,要來度化我們,隨類現身,我們喜歡什麼樣子,他就現什麼樣子。他現身,我們跟他在一起好像是一樣的,其實不一樣。哪裡不一樣?我們著相,我們把這個相當真,他們不著相,現相而不著相,這個差別很大。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四六五集)  2017/6/23