Mengapa
hari ini dunia bisa berubah jadi begini? Ajaran Buddha menyebutnya sebagai Moha
(kebodohan). Oleh karena diliputi Moha, makanya dia berani berbuat apa saja,
tidak takut pada Hukum Karma. Dia tidak melihat akibat karma, makanya berani
menciptakan benih karma buruk.
Dia
bukannya tidak tahu tentang Hukum Sebab Akibat, sudah tahu tapi masih juga
berani melanggarnya, memelihara pikiran lobha (ketamakan), dosa (kebencian),
moha (kebodohan), kesombongan dan kecurigaan.
Setelah
mengenal Hukum Karma harusnya memiliki rasa takut, sehingga begitu pikiran
buruk muncul segera hentikan, jangan biarkan berkelanjutan, jangan sampai
melakukannya, barulah bisa terkendali. Meskipun tidak berhasil keluar dari
lingkaran enam alam tumimbal lahir, juga takkan jatuh ke tiga alam rendah. Tidak
mudah, mengapa demikian?
Niat
pikiran buruk ini senantiasa bermunculan tanpa reda, terutama niat pikiran yang
halus muncul tanpa kita sadari, maka itu bagaimana kamu bisa tahu bahwa kamu
sedang tidak menciptakan karma?
Buddha
berwelas asih menasehati kita agar tidak melakukan karma buruk. Namun semuanya terpulang kembali pada diri
sendiri, tidak ada orang yang menyuruhmu melakukan karma buruk, tetapi anda
sendiri yang tidak sanggup mengendalikan diri, pikiran sesat bermunculan tanpa
reda, diri sendiri juga tidak menyadarinya, bayangkan betapa hal ini sungguh
menakutkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12
April 2017
今天世界為什麼會變成這個樣子?佛法講愚痴。愚痴,他敢作敢為,不怕因果報應。果報他沒有見到,他敢造因,惡因。不是不知道,知道是惡也敢幹,貪瞋痴慢疑,起什麼念頭?起這個念頭。真正知道就有畏懼之念,念頭一起馬上可以息滅掉,不能讓它發展,不可以造作,這就有辦法能控制。雖然出不了六道輪迴,但是不墮三惡道。不容易,為什麼?這些妄念,作惡的妄念,念念相生,往外冒,止不住,微細的念頭一彈指三十二億百千念,根本就不知道,沒有覺察到。這是無知的深一層的意思。你怎麼曉得你不在造業?佛慈悲,在這裡教導我們,勸導我們不要犯。這是你自己的事情,不是別人叫你犯的,是你自己控制不住,錯誤的念頭不斷的現前,自己完全不知道,你說多可怕。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二四集) 2017/4/12
Apabila
Trisarana (Tiga Perlindungan yakni berlindung pada Buddha, Dharma dan Sangha)
dan Dasa Kusala Karma (Sepuluh Kebajikan) tidak diamalkan dengan baik, maka
tidak bisa disebut sebagai siswa Buddha. Walaupun sudah mengambil sila selama
bertahun-tahun, itu juga adalah ecek-ecek, bukan nyata adanya. Ini tidak boleh
tidak dipahami. Mengapa demikian?
Oleh
karena ketidaktahuan sehingga kelak harus menderita kerugian besar yakni jatuh
ke Neraka Avici. Anda mungkin berkata, saya kan tidak melakukan kejahatan
apa-apa, namun sesungguhnya sudah melanggar Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan.
Anda
menganggap diri sendiri tidak melanggarnya, namun Buddha dan Bodhisattva
mengetahui perbuatanmu, setan dan malaikat melihat jelas perbuatanmu. Buddha
dan Bodhisattva bisa saja memaafkan dirimu, namun setan dan malaikat takkan
mengampunimu, oleh karena tabiat mereka masih belum lenyap, mereka akan
melakukan pembalasan.
Yang
lebih menyusahkan adalah musuh kerabat penagih hutang. Berapa banyak musuh
kerabat penagih hutang-mu, sejak kalpa lampau hingga hari ini, tak terhitung
lagi banyaknya. Mereka sedang menunggu kesempatan untuk membalas dendam. Begitu
kesempatan itu datang, mereka segera bertindak, anda tidak berdaya melawannya.
Fakta
begini sudah banyak kita jumpai, bahkan ada pula yang menimpa diri kita
sendiri. Segala sesuatu tak terpisahkan dari Hukum Karma, perbuatan baik mendatangkan
balasan baik; perbuatan jahat mendatangkan balasan buruk, janganlah mengira
bahwa karma buruk itu tidak ada balasannya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12
April 2017
三皈十善沒有做到,不是佛弟子。受戒再多年也是假的,也不是真的。不能不知道。為什麼?不知道,將來要吃大虧。將來吃什麼虧?無間地獄去了。我沒犯什麼罪?五戒十善都犯了。你自己以為沒犯,佛菩薩看到你在犯,鬼神看到你在犯。佛菩薩原諒你、不說你,鬼神可不饒你,他們的煩惱習氣沒斷,這些人來報復你。更麻煩的,冤親債主。你有多少冤親債主,過去無量劫到今天,數不清,說不完,這些冤親債主都在等機會。等什麼機會?等你犯罪到一定的時候,他就乘機而入,他來報復你,你沒有能力抗拒他。這種情形我們也見得很多,還有,有一些就在我們自己身上看到的。凡事都離不開因果,善因有善果,惡因有惡報,不要以為造作惡因沒有惡報,那是完全錯了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二四集) 2017/4/12
Cobalah renungkan, hari ini apa saja yang telah
kulakukan? Hasilnya sungguh fantastis,
semuanya adalah benih menuju ke tiga alam rendah. Hanya praktisi pelafal
Amituofo, seharian melafal sepuluh ribu lafalan Amituofo, setiap butir niat
pikirannya adalah Amituofo.
Manusia awam, setiap butir niat pikirannya kalau
bukan niat baik maka adalah niat buruk, tak terpisahkan dari baik dan jahat.
Andaikata dalam sehari bisa melafal sepuluh ribu lafalan Amituofo, oleh karena
lafalan Amituofo itu lebih banyak, maka bentuk-bentuk pikiran akan berkurang
dengan sendirinya, dengan demikian memiliki peluang besar terlahir ke Alam
Sukhavati.
Sebaliknya apabila lafalan Amituofo jumlahnya
kurang, sementara bentuk-bentuk pikiran lebih banyak, maka peluang terlahir ke
Alam Sukhavati jadi kecil, kelahiran ini akan terlewatkan sia-sia.
Lalu kita merenungkan nasehat dari Guru Sesepuh, “Kesempatan
terlahir sebagai manusia adalah sulit diperoleh, kesempatan mendengar Buddha Dharma
lebih sulit lagi diperoleh”. Kini kita telah berkesempatan terlahir jadi
manusia, bertemu dengan Buddha Dharma, peluang begini begitu sulit diperoleh,
maka itu niat buruk janganlah dipelihara.
Menyebarluaskan Ajaran Buddha merupakan karir
anggota Sangha, apabila malah melangkah di jalan yang salah, menuju ke arah
yang salah, sampai-sampai mengejar ketenaran dan keuntungan, maka akan
mengundang masalah besar, begitu sehela nafas tidak kembali lagi, ke mana akan
menuju?
Pikiran Lobha (ketamakan) akan jatuh ke Alam Setan
Kelaparan, Dosa (kebencian) akan jatuh ke Alam Neraka, Moha (kebodohan) akan
jatuh ke Alam Binatang. Dia akan berputar di lingkaran tiga alam rendah ini,
entah sampai berapa lama barulah bisa berkesempatan terlahir di Alam Manusia
kembali.
Buddha Sakyamuni memberitahukan pada kita bahwa
sekali terjatuh ke tiga alam rendah adalah lima ribu kalpa lamanya, waktu yang
begitu panjang sekali, setelah lima ribu kalpa berlalu, barulah ada sebutir
kesempatan buat anda naik ke tiga alam bajik, sulit sekali! Terlahir sebagai
manusia begitu bernilainya, apalagi bisa bersua dengan Buddha Dharma, alangkah
berharganya.
Kita memiliki kesempatan belajar Buddha Dharma
bersama-sama, terkecuali bila terpaksa harus diliburkan, seperti kali ini kita
sempat berhenti selama sebulan lebih, tidak ada alasan lain, usiaku sudah
senja, tubuhku juga kian melemah, saya sudah berusia 91 tahun, nafasku juga
sudah melemah, tidak ada suara.
Selama sebulan ini saya beristirahat, hari ini
suaraku sudah agak baikan, makanya mulai lagi berceramah, makanya kita tidak
boleh menyia-nyiakan kesempatan belajar Dharma bersama-sama. Rekan-rekanku
menasehati agar durasi waktu ceramah dipersingkat saja, sehari cukup satu jam
saja. Maka itu mulai hari ini kita belajarnya sehari satu jam saja. Sisa waktu
yang cukup panjang ini bisa membantu kami untuk mendalami ajaran sutra ini (Sutra
Usia Tanpa Batas), dimana setiap aksaranya mengandung makna tanpa batas.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12
April 2017
我這一天幹了些什麼?自己反省一下,很可怕,全是三惡道。只有念佛人,一天念十萬聲佛號。世間人,念念不是善念就是惡念,善惡離不開。一天要是果然十萬聲佛號,定在這上面,佛念多,妄想雜念少,你就很有機會往生極樂世界。如果是我們佛念少,妄念多,極樂世界去不了,這一生要空過。那再想想,祖師大德常常提醒我們,「人身難得,佛法難聞」,我們得到人身,聞到佛法,這個機會不容易,不能心裡存惡念。弘宗演教是出家人的事業,是出家人正常的事業,要是走錯路了,走錯方向了,也搞到名聞利養去了,這個麻煩可就大了,一口氣不來你往哪裡去?你曉得。六道輪迴,簡單的說,不就三樁事情嗎?貪瞋痴,貪心餓鬼道,瞋恚地獄道,愚痴畜生道。輪迴不是六道,三道輪迴,他在三惡道輪迴,要輪迴多久才有這麼個緣分又到人道來了。佛在經上告訴我們,三途一墮五千劫,時間這麼長,五千劫才有那麼一個機會,你到三善道來了,好難!人身太可貴了,佛法真難聞。
我們有這個機緣談談佛法,除非實在不得已,這次停課停了一個多月,沒有別的原因,老了,身體衰了,九十一歲了,最難的就是中氣不足,說話沒聲音。這一個月天天調養,我看今天聲音還可以,可以就講經。我們在一起學習經教,這個時間不能錯過。同修們勸導我,中氣不足是衰老的正常現象,讓我講經的時間縮短,試試看一天一個小時,所以從今天起,我們一天一個小時。我們時間很長,細心來讀這部經、來學這部經,字字句句都含無量義。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二四集) 2017/4/12