Belajar Buddha Dharma sebaiknya dimulai dari mana?
Bila ingin memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha Dharma, maka
melatih diri itu hendaknya dimulai dari mengawasi niat pikiran diri sendiri.
Apakah niat pikiran saya itu baik atau buruk? Bila
niat pikiran tersebut baik bagi diri sendiri dan buruk bagi orang lain, maka
ini tidak boleh dilakukan. Merugikan orang lain dan menguntungkan diri sendiri,
sesungguhnya keuntungan yang bisa diperoleh cuma secuil saja, tapi balasan yang
menyusul itu sungguh menyengsarakan.
Perbuatan kita yang menyakiti orang lain, apakah
dia akan sudi menerimanya begitu saja? Mustahil bukan? Kelahiran ini dia tidak
bisa membalasmu, namun dendam ini akan dibawanya hingga masa kelahiran
mendatang. Sebelum bertindak, apabila kita terbayang akan balasannya, maka kita
pasti akan mengurung niat jahat kita.
Ajaran insan suci dan bijak dapat menyelamatkan
dirimu, jabatan dan kedudukan tidak bisa menyelamatkan dirimu, harta benda
tidak bisa menyelamatkan dirimu, hanya dengan memahami Hukum Karma barulah
dirimu dapat terselamatkan.
Ingatlah ajaran insan suci dan bijak, mengamalkan
sesuai dengan ajaran, anda akan memperoleh manfaat terunggul tiada bandingnya,
sepanjang hidup ini akan dilewati dengan bahagia, memperoleh manfaat yang
sesungguhnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14
April 2017
學佛從哪裡學起?真正得到佛法利益,從自己起心動念處學起。記住,起心動念處。這個念頭善不善?這個念頭對自己善,對別人不善,不能做。損人利己,我得到的甜頭是一點點,後面的果報可不得了。讓別人受到傷害,他甘心情願嗎?不甘心,不情願,怎樣?來生後世他要報復的。想到報復,膽顫心寒,不敢做了。那祖宗救了你,古聖先賢這些教誨你讀到了,你得救了。地位救不了你,財富救不了你,明瞭因果報應,就救得了你。記住聖賢教誨,依教奉行,你得無比殊勝的利益,這一生幸福快樂,真實的利益。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二六集) 2017/4/14
Untuk
mengurai pikiran lobha (ketamakan), dosa (kebencian), moha (kebodohan),
kesombongan dan kecurigaan, hanya Ajaran Buddha yang mengupasnya secara lengkap
dan paling jelas. Setelah kita mempelajarinya, ketika melihat orang lain
menciptakan karma buruk, melakukan tindakan serakah, amarah, dungu, angkuh dan
curiga, kita mesti segera bercermin dan tercerahkan, kembali ke jalan yang
benar. Ini adalah kebijaksanaan.
Segala
fenomena adalah semu belaka, bukanlah nyata adanya. Ketika berada dalam kondisi
sulit, saya akan menghadapinya dengan pikiran baik, takkan emosi, namun tetap
tenang, takkan ada niat balas dendam. Saya disakitinya, ini dikarenakan pada
masa kelahiran lampau, saya juga pernah menyakitinya, sekarang dia melakukan
pembalasan, adil.
Apabila
saya tidak sudi menerimanya dan menyimpan dendam ini hingga masa kelahiran
berikutnya, maka kelahiran demi kelahiran akan saling membalas dan takkan ada
usainya, kian lama kian memprihatinkan, maka itu hal begini tidak boleh
dilakukan. Lebih baik singkirkan perasaan yang mengganjal, jangan taruh di
hati, ini merupakan Hukum Sebab Akibat, yang juga merupakan hukum alam, maka
itu gunakanlah kebijaksanaan untuk menanganinya.
Dengan
adanya kebijaksanaan maka takkan ada dendam, sebaliknya malah merasa bersyukur
padanya. Berapapun besarnya amarah anda padaku, saya tetap akan bersabar,
setelah amarahmu selesai, saya akan menganggapnya sebagai angin lalu. Lama
kelamaan dia juga akan sadar, sebenarnya siapa yang salah, perlahan dia akan
mengerti dan menyesali perbuatannya.
Pasti
akan ada hari begini, mungkin saja dia sudah tidak berada di dunia ini lagi,
mungkin setelah dia meninggal kelak, barulah dia menyadarinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14
April 2017
化解貪瞋痴慢疑,只有佛法講得最徹底、最清楚、最明白。我們學了之後,想到這樁事情,看到這些人在造業,在造貪瞋痴慢疑,就要覺悟,就要回頭。我是凡夫,愚痴顛倒,遇到這些事情,習氣就現行,習氣一現行,佛經裡面的教誨立刻就照見,照見五蘊皆空。這是智慧。看到事實真相,假的,不是真的,怎麼樣?縱然是逆境,逆境來了我們要善處,不發脾氣,我冷靜,沒有報復。我被他傷害,過去生中我傷害過他,現在我們遇到了,我再報仇,來生他要報我,那往後一代比一代悽慘,這事情不能做。不如一筆勾消,不要放在心上,這是業因果報,自然現象,就有智慧來處理了。智慧是什麼?智慧不但沒有報復,用感恩來回應他。你有再大的脾氣,你發洩,我忍受,發完之後,若無其事。慢慢對方會回憶,到底是誰錯了,他自然會明白,自然會懺悔,自然會改過。決定有這一天,這天也許不是在他有生之年,是在他往生之後,他明白了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二六集) 2017/4/14
Alam
semesta beserta seluruh isinya merupakan manifestasi dari jiwa sejati,
keseluruhan alam semesta adalah satu kesatuan, maka itu bagaimana mungkin
manusia tidak saling mengasihi?
Mengapa Buddha Sakyamuni datang ke dunia ini? Untuk
membantu semua makhluk menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan. Dari
mana datangnya penderitaan itu? Oleh karena tersesat, tidak memahami kebenaran.
Dari mana datangnya kebahagiaan? Setelah memahami kebenaran bahwa alam semesta
dan seluruh isinya ternyata merupakan satu kesatuan dengan diriku, bagaimana
mungkin saya tidak mengasihi sesama makhluk? Bagaimana mungkin saya tidak
peduli?
Maka itu, kita mesti membantu makhluk lainnya agar
kembali ke jalan yang benar, membantu mereka jadi tercerahkan. Para Buddha
Tathagata selain mencerahkan diri sendiri juga mencerahkan makhluk lainnya,
melakukan kedua hal ini secara sempurna. Karir selanjutnya adalah mencerahkan
makhluk lainnya.
Sedangkan karir Bodhisattva yang masih belum
sempurna dalam mencerahkan diri sendiri, tetapi Dia malah sudah mulai pergi
mencerahkan orang lain, mengapa demikian? Oleh karena mencerahkan orang lain
adalah sama dengan membantu mencerahkan diri sendiri, sehingga dengan cepat,
Dia mempersingkat waktunya untuk mencapai KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14
April 2017
整個宇宙是自性變現的,整個宇宙是一體,能不愛他嗎?佛出現於世間,為什麼來的?幫助一切眾生,離一切苦,得一切樂。苦從哪裡來的?迷了來的,不知道事實真相。樂從哪裡來的?豁然明白了,原來遍法界虛空界一切萬法,跟我是一體,我怎麼能不愛護?我怎麼能不關心?所以,一定要幫助他們回頭,幫助他們覺悟。諸佛如來自覺圓滿,往後的事業就是覺他。菩薩的事業自覺還沒滿,但是他已經開始覺他了,為什麼?覺他幫助自己自覺,快,把自己成佛的時間縮短了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二六集) 2017/4/14
Baik
Surga maupun Neraka adalah khayalan semu, dari mana asalnya? Yakni muncul dari
hati dan pikiran. Setiap hari anda membenci, tiap hari anda memikirkan balas
dendam, setiap hari anda tidak sudi menerima, anda merasa diperlakukan tidak
adil, menabung kebencian di hati.
Kebencian
yang menggunung ini akibatnya adalah jatuh ke Neraka Avici, menjalani siksaan
yang tiada henti. Setelah hukuman usai, bila anda masih memiliki benih
kebajikan, barulah ada kesempatan terlahir kembali jadi manusia, belajar Ajaran
Buddha lagi, barulah bisa memperoleh pembebasan, mengurai kesesatan di hati.
Takkan menderita lagi, benih penderitaan sudah dihapus, maka penderitaan juga
selamanya takkan berbuah. Ini merupakan hal yang pasti.
Setelah
memahami hal ini, kita harus serius mengamalkannya. Walaupun diperlakukan tidak
adil, difitnah, disakiti, apakah boleh ditaruh di hati? Tidak boleh, oleh
karena bila ditaruh di hati, berarti anda telah menerimanya, anda telah
menerima kesesatan, anda telah menerima benih karma buruk.
Lantas
bagaimana seharusnya? Meneladani Buddha dan Bodhisattva, takkan taruh di hati,
di dalam hati takkan ada keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan
kecurigaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14
April 2017
天堂是虛妄的,地獄也是虛妄的,從哪裡來的?從心想生。你天天想瞋恨,天天想報復,天天不服,感到委屈,這就造成極端的瞋恚。極端的瞋恚,果報叫無間地獄,受苦沒有間斷。必須苦完全受盡了,你過去世還修的有點善,才能夠真正棄惡向善,得人身,再修佛法,才真正能獲得解脫,解除內心裡面的迷惑顛倒。不再受苦了,苦的因斷掉了,苦的果報永遠不生。這正確的。
知道這個好,我們得真幹。我們受了委屈,受了冤枉,受了嚴重傷害,要不要放在心上?不可以。放在心上是什麼?是你接受了,接受了迷惑顛倒,接受了不善的業因。應該怎麼樣?像佛菩薩一樣,不放在心上,心上決定沒有貪瞋痴慢疑。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四二六集) 2017/4/14