Menurut catatan orang barat, Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana sudah
lebih dari 2500 tahun yang silam, tetapi menurut catatan orang Tiongkok adalah
lebih dari 3000 tahun lamanya, sumber mana yang lebih layak dipercaya?
Upasaka Huang Nian-zu mengungkapkan pada kita, tentu saja catatan orang
jaman dulu lebih bisa diandalkan. Oleh karena Ajaran Buddha tersebar hingga ke
Negeri Tirai Bambu adalah pada masa Dinasti Han, belum lama setelah Sang Buddha
memasuki Parinirvana, bila dihitung adalah tepat adanya.
Orang barat menghitungnya sebagai 2500 sekian tahun, dihitung sejak Sang
Buddha memasuki Parinirvana, setiap tahun ditandai satu poin, jadi poin-poin
inilah yang dihitung, ada sekitar lebih dari 2500 poin banyaknya.
Sedangkan perhitungan yang dilakukan orang Tiongkok adalah diwariskan
dari satu generasi ke generasi selanjutnya, makanya Upasaka Huang bilang ini
lebih bisa diandalkan, oleh karena India pernah dijajah negara asing, jadi
apakah poin-poin itu ada ditandai setiap tahunnya? Jadi tidak bisa diandalkan.
Maka itu para praktisi senior Tiongkok, sejak dulu hingga sekarang,
termasuk para anggota Sangha senior generasi sebelumnya, contohnya Master
Xuyun, Master Dixian, mereka menggunakan perhitungan 3000 sekian tahun.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2017
西方人的記載,釋迦佛距離我們現在是二千五百多年,可是中國人的記載三千多年,哪一種可靠?黃念祖老居士告訴我們,古人的比較可靠。因為從漢朝佛教傳到中國來,那個時候去佛還不遠,傳過來是正確的。外國人所說的二千五百多年,是古印度佛去世之後,每一年點一點,數那個點,二千五百多個點。古來這是世世代代相傳,他說這個不可靠,因為印度曾經被外國佔領過,是不是每年都點?不可靠。所以中國古大德,包括前一代的老和尚,像虛雲老和尚,諦閑老法師,他們都用中國歷代傳下來的三千多年,三千多少年我記不清楚了,好像是三千四十多年。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三六集) 2017/5/12
Artikel pelengkap :
Dari 84 ribu pintu Dharma, pintu Dharma manapun juga tidak ada kepastian
atau jaminannya, satu-satunya hanya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, dimana
kita bisa memiliki kepastian.
Syaratnya cukup gampang, yakni keyakinan benar, benar-benar yakin adanya
Alam Sukhavati, benar-benar yakin di Alam Sukhavati ada Buddha Amitabha,
benar-benar yakin Buddha Amitabha mengikrarkan 48 tekad agung untuk
menyelamatkan semua makhluk, kalimat “semua makhluk” di sini, tentunya termasuk
diriku di dalamnya.
Asalkan kita mampu membangkitkan keyakinan, lalu bertekad terlahir ke
Alam Sukhavati, saya berkenan terlahir ke Alam Sukhavati. Dengan memenuhi
syarat yakin dan bertekad, lalu ditambah dengan melafal Amituofo, maka
lengkaplah sudah.
Melafal Amituofo juga tidak ditargetkan harus berapa kali banyaknya. Master
Ouyi mengatakan bahwa berhasil atau tidaknya seseorang terlahir ke Alam
Sukhavati adalah tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan dan tekad yang
dimiliki. Jadi asalkan anda memiliki keyakinan benar dan tekad menyeluruh, maka
pasti terlahir ke Alam Sukhavati, tidak perlu diragukan sama sekali.
Sedangkan berapa kali anda melafal Amituofo, ini disebut sebagai
ketrampilan, yang menentukan tingkatan kelahiran yang dicapai. Apabila anda
tidak mempersoalkan tingkatan-tingkatan tersebut, asalkan yakin dan bertekad,
maka walaupun cuma melafal satu kali saja, atau sepuluh kali saja, juga bisa
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, “Sutra Usia Tanpa Batas” dapat menjadi
bukti bagi kita.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2017
八萬四千法門,任何一個法門我都沒有把握,但是這個法門有把握。它的條件很簡單,真信,真正相信西方有極樂世界,真正相信極樂世界有阿彌陀佛,真正相信阿彌陀佛有發四十八願度眾生,這個度眾生,當然包括我們都在內。只要我們能信,發願往生,我願意到極樂世界。你看就這兩個條件,信、願。再加上一個念佛,念佛不拘多少。蕅益大師說得好,淨宗這個法門,能不能往生全在信願之有無。你真信、真願,你決定往生,沒有絲毫懷疑。念佛多少那是講功夫,往生到極樂世界品位不一樣。如果你不計較品位,只有信願,一聲佛號、十聲佛號都能往生,這部經可以給我們作證。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三六集) 2017/5/12
Selain memberi manfaat bagi diri sendiri, juga mesti memberi manfaat
bagi orang lain, tetapi yang perlu diingat adalah Buddha hanya menyelamatkan
orang yang berjodoh, kita memperkenalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo kepada
orang lain, memperkenalkan Sutra Usia Tanpa Batas kepada orang lain, apabila
dia mau menerima dan mengamalkannya, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal
Amituofo sehingga terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, siapa yang
berjasa menyelamatkan dirinya?
Jelas Andalah orangnya! Jasa kebajikan ini sungguh besar, sungguh besar
sekali! Apakah dengan demikian, anda masih belum punya jaminan dapat terlahir
ke Alam Sukhavati? Tentu saja sudah punya garansi.
Mengapa demikian? Oleh karena dia akan membalas budimu, saat anda
menjelang ajal, dia akan mengikuti Buddha Amitabha datang menjemputmu. Dia akan
bilang ke Buddha Amitabha, hari ini saya bisa berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati, semua ini berkat jasanya lho, dia yang memperkenalkan Pintu Dharma
ini padaku, barulah saya dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Dari sini dapat diketahui bahwa, dari seorang praktisi beralih menjadi
pengajar, merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas. Maka itu
janganlah pelit Dharma, diri sendiri belajar Pintu Dharma ini, tapi tidak sudi menyampaikan-nya
pada orang lain.
Dengan memperkenalkan Pintu Dharma yang terunggul ini kepada insan
lainnya, dia dapat meraih keberhasilan, maka saya pun punya jaminan. Membantu
orang lain melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, kian banyak jumlahnya
kian bagus, inilah yang disebut memberi manfaat bagi makhluk lainnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2017
我們除了自利之外,要記住,佛度有緣人,我們把這個法門、把這部經介紹給別人,他要修成了、要接受了,信願持名,往生到極樂世界,往生到極樂世界就決定成佛,誰度他的?你度了他。度一個人成佛,這個功德太大太大了!你還能不往生嗎?肯定往生。為什麼?他報恩,到你臨命終時,他跟著佛一道來接引你。他會告訴佛,我能到極樂世界全靠他,他把這個法門介紹給我,我才能到極樂世界。這就知道,轉相教化是無量無邊的功德。決定不能夠吝法,自己修這個法門,不肯告訴別人。把最殊勝的法門介紹給別人,他成功,我有保障。幫助人念佛往生,人愈多愈好,這利他。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三六集) 2017/5/12
Di dalam “Dharma Empat Penuntun (Catvarisamgraha-vastuni)”, butir pertamanya adalah berdana. Dari tiga jenis dana yakni
Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan
di hati para makhluk), yang paling penting adalah Dharma Dana.
Butir yang kedua adalah tutur kata yang ramah, yakni memberi
perhatian dengan tulus, membantunya menjauhi penderitaan memperoleh
kebahagiaan.
Butir yang ketiga adalah memberi
manfaat, yakni setiap tindakan kita dapat memberi manfaat bagi makhluk lainnya.
Butir keempat adalah minat yang
sama, yakni karir kita bersama, bidang manakah itu? Menyebarluaskan Ajaran
Buddha, mengajari para makhluk bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati, bersua
dengan Buddha Amitabha.
Setelah sampai di Alam Sukhavati
dan bersua dengan Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah Guru kita, di dalam
Persamuan Dharma Guru, kita pasti mencapai KeBuddhaan, jasa kebajikan kita jadi
sempurna.
Kesempurnaan bukanlah bisa
diperoleh di alam saha ini, oleh karena di alam saha sungguh menderita,
rintangan juga banyak, tidak gampang, lain halnya setelah sampai di Alam
Sukhavati, usia kita tanpa batas, cepat atau lambat pasti mencapai
kesempurnaan, begini barulah betul.
Semoga praktisi sekalian janganlah
sampai melepaskan kesempatan berharga ini, begini barulah disebut menjauhi
penderitaan memperoleh kebahagiaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2017
Penjelasan “Dharma Empat Penuntun”
dapat dibaca di :
四攝法這括弧裡頭有,布施,對於物質生活要常常照顧到,要關心到,財布施。最重要的是法布施,財法都要布施,常常布施,好!四攝,攝受眾生,第二個愛語,愛語是真正關心,幫助他離苦得樂。利行,行是我們自己心行,決定對他有好處,對他有利益,叫利行。同事,我們共同幹的事業,哪一樁事?傳佛的教法,教化眾生,同歸淨土,到極樂世界見阿彌陀佛。阿彌陀佛是老師,在老師會下肯定成佛,我們的功德大圓滿。大圓滿不在這個地方,娑婆苦,障難多,不容易,到極樂世界無量壽,早遲都是圓滿成就,這就對了。希望同學們決定不能放棄,這才真正叫離苦得樂。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三六集) 2017/5/12