Di dalam Buddha Dharma dikatakan dengan jelas,
jaman sekarang bila ingin melatih diri merupakan hal yang sulit! Tidak ada
kalyanamitra sejati yang datang membimbing. Yang diwariskan kalyanamitra di
dunia ini kebanyakan adalah karya tulis, ini sangat bagus.
Menurut orang Tiongkok, satu periode dihitung 60
tahun, bila kita bandingkan periode sekarang dengan sebelumnya, maka sekarang
makin mengalami kemerosotan, serupa dengan yang disebutkan di dalam sutra.
Buddha Sakyamuni menasehati kita, semoga kita dapat
mewarisi dan menyebarluaskannya, apa yang kita pelajari dari generasi
sebelumnya, giat dan tekun melatih diri.
Praktisi yang belajar ajaran sutra itu masih ada
beberapa orang, tetapi yang melatih diri sesuai dengan Dharma, sudah tidak
banyak lagi, tak sebanding dengan generasi sebelumnya.
Mengapa dikatakan orang yang melatih diri sesuai
dengan Dharma, jumlahnya sudah tidak banyak lagi? Lingkungan merupakan alasan
utama. Kita tahu bahwa vihara itu semestinya dijaga keheningannya. Sekarang
populasi penduduk kian bertambah, sementara itu luas bumi tidak bertambah.
Pendidikan etika moral sudah diabaikan, kemajuan
teknologi telah membawa masyarakat timbul keraguan pada agama, sehingga sulit
memasuki Pintu (Dharma). Sedangkan yang berhasil memasuki Pintu, 2-3 bulan
kemudian tidak tampak lagi batang hidungnya, sudah mundur hatinya.
Alasan begini tidak sulit kita pahami, lingkungan
hunian kita yakni Planet Bumi ini terus mengalami perubahan, klesa (kekotoran
batin) manusia bertambah berkali lipat, serupa dengan apa yang tercantum di
dalam sutra.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2017
佛在這個經教裡面,講得很清楚、很明白,現在人修學,難!沒有真正善知識來教導。善知識留下來的多半都是文字,文字好。這一個,我們不能說世紀,我們中國人講甲子,一甲子六十年,六十年六十年做比較,是衰退,跟經上講的完全相應。佛在此地勸導我們,希望我們能承傳,從上一代那裡學來的,認真努力要修行。研究經教的人還有幾個,如教修行的人不多了,比不上上一代。研究經教接近,真正修行不如了,什麼原因?環境是最大的因素。我們曉得,佛法薰修的道場最重要的安靜。現在地球上的人口每一年上升,地球的面積沒有擴大,人口不斷上升。倫理道德沒有了,科學發達導致許許多多人對宗教產生懷疑,很不容易入門。多少人入門了,幾個月,二、三年,他就再不來了,退轉了。這些因素我們不難了解,地球上生活環境在變,人類的煩惱加倍了,或者還超過,跟經上講的一模一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四四O集) 2017/5/16
Nama “Pure Land Learning Society”, merupakan
gagasan dari Upasaka Xia Lian-ju. Tempo dulu ketika saya berada di Amerika,
Upasaka Huang Nian-zu memberiku sebuah misi, yakni waktu saya memberi ceramah
di luar negeri, maka saya akan menasehati sahabat-sahabat Dharma di berbagai
belahan dunia supaya mendirikan “Pure Land Learning Society”.
Maka itu sekarang di Malaysia saja, sudah ada
sekitar seratus sekian unit “Pure Land Learning Society”, merupakan yang
terbanyak di dunia. Tempo dulu ketika saya berada di Amerika, “Pure Land
Learning Society” yang berdiri ada sekitar 30 sekian unit, tetapi sejak saya
meninggalkan Amerika hingga sekarang sudah bertahun-tahun lamanya, “Pure Land
Learning Society” di sana, bukan saja tidak berkembang, bahkan mengalami
kemunduran. Sekarang mungkin masih tersisa belasan unit.
Apa sebabnya? Tidak ada orang yang mengajar di
sana. Makanya hal ini memaksa kami menggunakan siaran televisi satelit,
jaringan internet, bila tidak menggunakan media ini, maka tidak ada lagi cara
lainnya. Selain itu, kami juga mencetak buku sutra, menyebarluaskannya, inilah
yang dapat kami lakukan. Seiring berjalannya waktu, kondisi tubuh kami tahun
demi tahun semakin menua, terutama tiga tahun belakangan ini, jelas terasa.
Harapan kami tak lain adalah mempunyai pewaris
Dharma. Ketika Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, siswa-siswaNya
menyebarluaskan Buddha Dharma dari satu generasi ke generasi selanjutnya,
sampai pada diriku ini, tentunya saya berharap mempunyai sorang murid yang
dapat menjadi penerusku.
Apabila tidak berhasil menemukan penerus, maka saya
bersalah pada guruku, bersalah pada Sang Buddha, bersalah pada para praktisi
Aliran Sukhavati. Saya hanya berharap ada orang yang benar-benar membangkitkan
Maha Bodhicitta, menyebarluaskan Buddha Dharma, memberi manfaat bagi semua
makhluk.
Buddha Dharma dan budaya tradisi Tionghoa
(pendidikan etika moral), tidak boleh terputus pada era ini, tidak boleh. Orang
yang meneruskan dan menyebarluaskan adalah orang usia muda, hendaknya mereka
mau mewarisi dan meneruskannya, memandangnya sebagai bagian dari hidupnya,
sebagai satu-satunya misi datang ke dunia ini.
Untuk apa saya datang ke dunia ini? Saya datang
untuk menyebarluaskan budaya tradisi Tionghoa (pendidikan budi pekerti), saya
datang untuk menyebarluaskan Ajaran Mahayana. Insan yang membangkitkan niat
begini sungguh sulit ditemukan!
Jangan takut kalau tidak ada guru yang datang
membimbingmu, asalkan anda punya niat mulia, Buddha dan Bodhisattva juga akan
menjelma datang membantumu, ini nyata adanya.
Apabila anda tidak memiliki pahala, Buddha dan
Bodhisattva akan menganugerahkan pahala padamu; tidak memiliki usia panjang,
Buddha dan Bodhisattva akan membantumu berusia panjang; tidak punya jalinan
jodoh, maka Buddha dan Bodhisattva akan membantumu berjodoh bertemu dengan
kalyanamitra. Benar-benar membangkitkan niat mulia, maka terjalin dengan
Triratna, hal ini sama sekali tidak semu.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2017
這個名詞,淨宗學會,夏蓮居老居士提倡的。早年我在美國,黃念老居士給我一個使命,要我在外國,到處遇到修淨宗法門的同修,都勸導他們成立淨宗學會。所以現在淨宗學會在馬來西亞,大概有一百多個,最多的。早年我在美國,大概有三十幾個學會,我離開這麼多年,那邊淨宗學會不但沒有增長,退轉了,現在大概有十幾個。什麼原因?沒有人去教導。逼著我們不得已用衛星電視、用網路,不用這個辦法,沒有第二個辦法。再其次就是印經,大量流通經典,這是我們能做得到的。隨著光陰,體力、精神一年不如一年,特別是現在最近的三年,有明顯的感觸。
我們盼望的、期望的是傳人,佛走了,世世代代有這些弟子承傳,傳到我這裡,我也要有弟子承傳。如果沒有人承傳,對不起老師,對不起佛陀,對不起廣大的群眾。我們今天渴望的沒有別的,就是望的真正有發大菩提心的,續佛慧命,弘法利生。佛法跟中國傳統文化,決定不能在這個時代斷掉,不可以。承傳的人要發大心的年輕人,要把這個承傳,看做是自己這一生,來到這個地球上的唯一使命。我來幹什麼?我來就是傳傳統文化的,就是來傳大乘佛法的。發這個心的人難得!不是發心升官發財,那個不稀奇,那不是佛門講的功德,承傳佛法,承傳傳統的漢學,是真實的功德。真實功德必定有祖宗庇佑,三寶加持。不怕沒有老師,你真發心,佛菩薩會化身來幫助你,這是真的不是假的。沒有福報,佛菩薩把福報給你;沒有壽命,佛菩薩就幫助你延壽;沒有緣分,佛菩薩協助你遇到緣分。真正起心動念,就跟三寶感應道交,一點都不假。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四四O集) 2017/5/16
Baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, hendaknya
dilepaskan, demikian pula Buddha Dharma juga hendaknya dilepaskan, Buddha
Dharma ini terlampau banyak alirannya, kebanyakan belajar malah tidak bisa
dicerna, maka itu cukup memilih satu Pintu Dharma saja.
Saya sendiri setelah memberi ceramah selama 30
sekian tahun, barulah dapat meyakini Pintu Dharma Pelafalan Amituofo. Barulah
kembali melihat pada diri sendiri, Pintu Dharma mana yang sanggup saya
wujudkan, yang saya yakin pasti bisa berhasil, saya mesti menggenggamnya
erat-erat.
Setelah saya mempertimbangkannya, akhirnya saya
memilih Pintu Dharma Tanah Suci ini, saya memiliki keyakinan bahwa saya pasti
berhasil; sedangkan 84 ribu pintu Dharma lainnya adalah sulit, tidak punya
keyakinan dan kepastian untuk bisa berhasil.
Sedangkan Aliran Sukhavati ini, yang syaratnya cuma
membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, saya sanggup
mengamalkannya. Maka itu akhirnya saya menfokuskan segenap perhatianku pada
Aliran Tanah Suci.
Meneladani Bodhisattva Manjusri, meneladani
Bodhisattva Samantabhadra, apabila praktisi sekalian membaca “Avatamsaka
Sutra”, pasti bisa memahami bagaimana cara melatih diri Bodhisattva Manjusri
dan Bodhisattva Samantabhadra sehingga bisa meraih keberhasilan? Yakni dengan
cara membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.
Setelah membaca sepenggal bait sutra tersebut, saya
membulatkan tekadku, takkan lagi mengulur waktu, kalau menunda-nunda lagi,
kelak hanya bisa kembali berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir,
menerima siksaan yang tak berujung, selama kalpa yang tak terhingga, tidak tahu
kapan barulah bisa keluar.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2017
世出世間一切法都要放下,佛法也要放下,佛法太多,學多了嚼不爛,消化不了,一樣,只取一樣。我是這一生當中,講經講了三十年之後才回頭,回頭什麼?看自己有把握成就的,我要把它抓住。看來看去只有淨土宗這一門,我有把握成就;其他的八萬四千法門都難,沒把握。淨宗這一門有把握,信願持名,我做得到。所以回頭歸淨土了。學文殊、學普賢,諸位念《華嚴經》就明白了,文殊、普賢怎麼成就的?信願持名往生極樂世界成就的。我是看到這一段,下定決心,不能浪費時間,浪費時間,將來再搞六道輪迴,那就大錯特錯了,輪迴太苦了,無量劫,出不去。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四四O集) 2017/5/16