Pintu Dharma mana yang mesti dilatih barulah
memiliki kepastian? Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, selain Pintu Dharma ini,
takkan ada lagi pintu kedua yang bisa dilalui.
Inilah Pintu Dharma yang dilatih oleh Master
Haixian, beliau tidak mengenal aksara, tidak pernah bersekolah, sepanjang hidup
juga tidak pernah mendengar ceramah Dharma. Kebaktian pagi dan sore di vihara,
dia juga tidak menguasainya.
Ketika penghuni vihara sedang melaksanakan
kebaktian pagi dan sore, Master Haixian hanya bisa melafal Amituofo saja,
berkesinambungan tak terputus.
Namun, sepatah Amituofo yang dilafalnya dengan
tulus dan hormat, sepatah Amituofo ini lebih efektif dibandingkan dengan pembacaan
sutra dan lafalan mantra, mengapa demikian? Oleh karena beliau melafal Amituofo
dengan hati yang suci dan tulus.
Sedangkan orang lain yang sedang melaksanakan
kebaktian pagi dan sore, membaca sutra dengan hati khayal, klesa (kekotoran
batin), jadi tidak sama.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 26 April 2017
我們學哪個法門能有把握?也是這一門,除了這一門,沒有第二個門可走。海賢老和尚走的就這個門,他不認識字,他沒有念過書,一生沒有聽過一部經,也沒有念過一部經。五堂功課都不會,在人家寺廟裡頭做早晚課,他站在門口念阿彌陀佛,佛號聲不中斷。真誠恭敬,他那一句佛號比經咒的效果更大,為什麼?他是清淨心念的,真誠心念的。別人那些功課、那些經典是妄心念的,是煩惱心念的,不一樣。清淨心生百善,煩惱心不清淨,功夫不一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三四集) 2017/4/26
Kapan kita boleh memulai karir menyelamatkan para
makhluk? Sesudah terlahir di Alam Sukhavati bersua dengan Buddha Amitabha,
barulah boleh. Meskipun saat itu anda tidak mempunyai kemampuan, namun kekuatan
Buddha akan memberkatimu. Lihatlah Buddha Amitabha memiliki 48 tekad agung, 48
jenis pemberkatan.
Sekarang kita masih belum memilikinya, sampai di
Alam Sukhavati barulah ada, kita akan serupa dengan Buddha Amitabha yang telah
mewujudkan 48 tekad, Buddha Amitabha adalah pimpinan barisan dan kita
mengikutiNya dari belakang.
Buddha Amitabha menjelma sampai tak terhingga dan
tanpa batas, untuk apa? Menuju ke sepuluh penjuru alam menjemput para makhluk.
Setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, setelah bertatap muka dengan
Buddha Amitabha, akan memiliki kemampuan serupa Buddha Amitabha, menjelma
sampai tak terhingga dan tanpa batas, untuk apa? Menuju ke sepuluh penjuru alam
untuk menyelamatkan makhluk yang berjodoh.
Poin ini mesti diingat, Buddha tidak menyelamatkan
makhluk yang tidak berjodoh, bila tidak berjodoh maka orang begini takkan sudi
menerima ajaran, sebaliknya bila berjodoh barulah dia sudi menerima ajaran,
pada masa kehidupan lampau dia berjodoh denganmu, maka anda lebih mudah
menyelamatkannya.
Jadi melafal Amituofo adalah demi tujuan
menyelamatkan para makhluk, bukanlah demi kepentingan diri sendiri. Praktisi
yang mementingkan diri sendiri, niat pikiran begini manalah bisa terlahir ke
Alam Sukhavati, ini mesti diingat baik-baik.
Berapa banyak praktisi yang melafal Amituofo dengan
cukup trampil, namun pada akhirnya, oleh karena tidak melepaskan perasaan
egois, sehingga gagal terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh disayangkan!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 26 April 2017
什麼時候能辦度眾生的事業?到極樂世界見阿彌陀佛就行了,雖然你自己沒有能力,佛力加持你。你看看四十八願,四十八願說的什麼?四十八種加持。我們沒有,到極樂世界就有了,我們跟阿彌陀佛一樣具足四十八願,阿彌陀佛領隊,我們在後面跟上。
阿彌陀佛分無量無邊身,幹什麼?接引眾生,到十方世界接引。每一個往生人到達極樂世界之後,見到阿彌陀佛,也化無量無邊身,幹什麼?到十方世界度有緣人。這一點要記住,佛不度無緣人,沒有緣,他不接受。有緣就是他接受,他跟你過去生中有緣,你很容易度他。是為這個事情發心的,沒有自私自利。自私自利的人,這個念頭不能往生,這是諸位要特別記住的。多少人念得不錯,念到最後,自私自利沒放下,還是不能往生,真可惜!
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四三四集) 2017/4/26