Jumat, 19 Mei 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017


Ada seorang praktisi bertanya padaku, entah mengapa saya tidak sanggup membangkitkan keyakinan? Ini dikarenakan masih mendambakan dunia ini, sejak kalpa tanpa awal hingga hari ini, akar kemelekatan ini sudah tertanam dengan begitu kokoh, jadi tidak gampang, setiap kelahiran demi kelahiran sudah tercemar dengan berbagai tabiat buruk.

Tidak ada yang memberitahu kita tentang hal ini, hanya Buddha Sakyamuni yang memberitahukan pada kita. Sang Buddha mengatakannya dengan sangat jelas, dunia ini adalah khayalan semu. Kita tidak tahu maka disebut tersesat, ini disebut sebagai Moha (kebodohan), menganggap yang semu sebagai nyata adanya. 

Mengapa dunia ini dikatakan sebagai khayalan semu? Oleh karena segala sesuatu muncul, berlangsung dan lenyap. Segala yang muncul pasti akan lenyap, maka itu bukanlah nyata adanya, bukanlah yang sejati.

Yang sejati itu adalah yang tidak muncul dan tidak lenyap. Apakah di dalam diri kita bisa ditemukan? Tentu saja bisa ditemukan, yang sejak semula tidak muncul dan tidak lenyap. Namun sayangnya kita malah mengabaikan jiwa sejati, yang tidak muncul dan tidak lenyap, sebaliknya kita malah begitu serius terhadap apa yang tidak kekal ini, yang muncul, berlangsung dan lenyap.

Maka itu di dalam sutra disebutkan bahwa segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran. Bahkan ketika Sesepuh ke-6 Aliran Dhyana, Master Huineng, ketika mencapai pencerahan, mengucapkan empat butir kesimpulan, dimana salah satunya berbunyi : “Ternyata jiwa sejati dapat memunculkan segalanya”, alam semesta ini, dunia ini, yang berjarak dekat dengan kita yakni Galaksi Bima Sakti, yang berjarak jauh dengan kita, semesta alam yang tak terbilang nun jauh di sana, yang tanpa batas.

Baik yang besarnya sebesar galaksi maupun yang kecilnya sekecil atom, juga tidak boleh melekat padanya. Apakah ada rupa besar maupun kecil? Tidak ada. Mengapa dikatakan tidak ada? Oleh karena rupa itu adalah semu, yang besar itu adalah palsu, yang kecil juga adalah palsu, jadi besar maupun kecil tidak boleh melekat padanya, tidak boleh ditaruh di hati, bila melekat dan ditaruh di hati, maka jadi tersesat.  

Lantas kita bertanya, ada berapa orang yang telah melepaskan kemelekatan? Yang tidak menaruhnya di hati lagi?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017

有同學問,我這個願發不起來?對這個世界貪戀,無始劫到今天根深蒂固,不容易,生生世世染的這些惡習氣。沒人告訴我們,只有佛告訴我們。佛說得清楚,說得透徹,這個世界假的。我們不知道,這叫迷惑,這叫愚痴,認假不認真。這個世界為什麼是假的?一切法都是生滅法。有生有滅,這就不是真的。真的,不生不滅是真的。在我們身上能找到嗎?能找到,原本就是不生不滅。我們把不生不滅,真的迷惑了,變成假的,變成生滅法。所以經上告訴我們,一切法從心想生。連六祖惠能大師開悟的時候,最後一句話他說的是「何期自性,能生萬法」,這個宇宙,這個世間,距離近的,太陽系,距離遠的,那只能說不可說不可說,沒有邊際。中國古人所說的「大而無外,小而無內」。這兩句話是什麼?這兩句話是量子,今天被科學家發現了,量子的確「大而無外,小而無內」。大小的相有沒有?沒有。為什麼沒有?相是假的,大的是假的,小的也是假的,大的、小的都不能夠執著,都不能夠放在心上,執著放在心上就迷了。那我們要問,幾個人放下?不放在心上了?

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三七集)  2017/5/13


 

 

Sepanjang hidupnya, Konfusius tidak memiliki kedudukan yang tinggi, juga tidak punya kekayaan, apa yang dimilikinya? Kebahagiaan.

Insan yang tercerahkan, insan suci dan bijak, yang mereka kejar adalah kebahagiaan, takkan mengejar ketenaran dan keuntungan, juga takkan mengejar harta dan benda berharga di dunia ini, mereka juga takkan menghendakinya. Lantas apa yang dikehendakinya? Yakni kesehatan dan kebahagiaan.

Siapa yang memiliki kesehatan dan kebahagiaan itu? Bodhisattva, insan yang tercerahkan, sedangkan orang yang tersesat takkan memilikinya. Meskipun di dalam jiwa sejati itu ada, namun bagi orang yang tersesat malah tidak mengetahuinya, sudah melupakannya, tidak menemukannya kembali, makin tersesat makin mendalam.

Insan yang tercerahkan menemukannya kembali, ternyata ada di dalam hati sendiri. Hati ini adalah hati yang sesungguhnya, bukanlah hati khayal. Setiap hati yang penuh dengan bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, inilah yang disebut hati khayal. Sedangkan hati sejati itu tidak muncul dan tidak lenyap, hati sejati selamanya takkan tercemar oleh klesa (kekotoran batin).

Master Huineng ketika mencapai pencerahan, apa itu pencerahan? Yakni menemukan kembali hati sejatinya. Buddha dan Bodhisattva menggunakan hati sejati dan tidak menggunakan hati khayal. Bagaimana yang disebut sebagai hati sejati?

Yakni yang pertama adalah suci, “Ternyata jiwa sejati itu pada mulanya adalah suci”. Yang kedua adalah tidak muncul dan tidak lenyap. Hati khayal adalah muncul dan lenyap, hati khayal adalah bentuk-bentuk pikiran, butir pertama baru saja lenyap, butir kedua sudah bermunculan, satu persatu saling sambung menyambung. Berapa kecepatannya? Buddha Sakyamuni membabarkannya pada kita, dalam satu petikan jari ada 320 triliun butir bentuk pikiran.

Maka itu bentuk pikiran itu adalah semu, namun justru kita tidak melihatnya sebagai palsu. Dari mana asal usulnya? Yakni dari khayalan yang muncul dari hati sejati yang tersesat. Makin tersesat makin mendalam, masalah pun bermunculan, makin sesat makin mendalam hingga jatuh ke Neraka, Alam Setan Kelaparan, Alam Binatang, makin ke atas maka mencapai Alam Manusia, lebih ke atas lagi, Alam Surga, penghuni Alam Surga masih juga tersesat, belum keluar dari lingkaran tumimbal lahir, meskipun bisa mencapai tingkatan tertinggi dari 31 alam kehidupan yakni Neva-sanna-na-sanna-yatana, masih juga sesat dan belum tercerahkan. Ini sungguh merepotkan! Siapa yang tahu hal ini? Insan yang tercerahkan mengetahuinya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017

孔子一生沒有很高的地位,沒有財富,有什麼?快樂,幸福。覺悟的人,聖賢人,追求的是這樁事情,他不求名聞利養,不求世間這些財富財寶,他不要,他要什麼?他要健康,他要快樂,他要幸福。這三樣東西誰有?菩薩有,覺悟的人有,迷惑的人沒有。迷惑的人實在說,有,不知道,忘掉了,找不回來了,愈迷愈深。覺悟的人把它找出來了,原來在自己心裡頭。這個心是真心,不是妄心。凡是起心動念的這個心,妄心。真心不生不滅,真心永遠沒有染污。

惠能大師開悟,悟什麼?真心找到了,妄心搞清楚了。用真心不用妄心,佛菩薩。真心什麼樣子?第一個,清淨,「何期自性,本自清淨」,它本來是清淨的,永遠清淨,決定沒有染污,是真的,不是假的。第二個現象,不生不滅,它沒有生滅。妄心有生有滅,妄心就是念頭,前念滅後念生,一個接著一個。頻率多高?速度多快?佛在經上跟我們說,一彈指三十二億百千念,這一彈指。所以它是假的,就在面前,我們就是看不出它是假的。它從哪裡來的?迷了真心產生的幻相。愈迷愈深,麻煩來了,迷得最深的是地獄、餓鬼、畜生,再往上面去是人道,人道上面天道,天還是迷,他沒出輪迴,縱然到非想非非想處天,依然是迷而不覺。真麻煩!誰知道?覺悟的人知道。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三七集)  2017/5/13





 

Insan yang tercerahkan, kita mengatakannya sebagai yang telah menemukan kembali jiwa sejati-nya, jiwa sejati sempurna akan segala kemampuan, salah satunya adalah Maitri Karuna. Maitri Karuna itu apa? Kasih sayang, tapi ini bukanlah cinta individu, namun cinta universal, cinta yang takkan berubah kadarnya.

Cinta yang dimiliki manusia di dunia ini, berasal dari hati khayal, hati khayal itu berubah setiap saat, hari ini bilang mencintaimu, esoknya sudah berubah, bukan saja sudah tak cinta lagi, bahkan muncul kebencian.

Ambil saja satu contoh, kasih sayang antara ayah dan putranya, waktu si anak masih kecil, lihatlah betapa ayahbunda-nya begitu mengasihinya, demikian pula si bayi, begitu sepasang matanya mulai terbuka, lihatlah bagaimana ekspresi wajah mungilnya, begitu bahagia melihat kehadiran ayahbunda-nya, pada momen beginilah kita bisa melihat hubungan ayah dan anak, dimana ayah menyayangi dan ananda berbakti.

Tetapi perlahan ketika si anak menginjak dewasa, ayahbunda mulai menua, hubungan kasih sayang ini juga ikut memudar. Hati sejati yang menyayangi ayahbunda itu, ketika usia bayi masih bisa terlihat, dimana hati sejati atau hati murni ini takkan bercampur atau terselubung niat lainnya, yakni takkan ada pikiran membeda-bedakan dan melekat, ini adalah nyata dan tidak semu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017   

覺悟的人,我們講明心見性了,自性裡頭第一德,無量的德能,無量德能裡面第一個是什麼?慈悲。所以佛家有說「慈悲為本,方便為門」。慈悲是什麼?愛,這個愛是真的愛,永遠不會變質的愛。世間人講這個愛,他從妄心出來的,妄心千變萬化,今天愛你,明天就不愛了,不但不愛,還產生怨恨。我們舉現實的例子,大家看到,你看看父子之愛,小孩出生,還不會說話,你看父母多麼愛他,他睜開眼睛看到父母,你看他的表情,他愛父母,父子有親在這個時候,看得清清楚楚,明明白白。長大了,老了,父子的親愛見不到了。那個親愛是真心,決定不摻雜絲毫雜念在裡頭,也就是它沒有分別,它沒有執著,是真的不是假的。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三七集)  2017/5/13




 
 
Kita mesti mengamati dengan seksama, apa yang dikatakan oleh Buddha dan Bodhisattva ada di depan mata, asalkan anda mengamati dengan seksama, ketika enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), maka anda akan menemukannya, barulah anda salut dengan kebijaksanaan yang dimiliki Buddha.

Setelah anda menemukan dan menyadarinya, anda jadi jelas dan mengerti, lantas bagaimana sikap yang semestinya? Takkan timbul niat pikiran, mata melihat rupa, telinga mendengar suara, hidung mencium bau, lidah mencicipi rasa, enam indria melakukan kontak dengan enam objek, takkan timbul niat pikiran, semuanya dimengerti dengan jelas namun takkan ditaruh di hati.      

Tidak timbul niat pikiran adalah nyata, timbul niat pikiran adalah semu. Tidak timbul niat pikiran adalah hati sejati, timbul niat pikiran adalah hati khayal. Yang menggunakan hati khayal adalah orang awam, yang menggunakan hati sejati adalah Buddha dan Bodhisattva. 

Ajaran yang dibabarkan Buddha adalah ibarat harta karun. Kita harus menerima dan mengamalkannya. Sang Buddha tidak mungkin bisa menyerahkan pencerahanNya kepada kita, Beliau tidak dapat melakukannya, andaikata dapat melakukannya, maka kita tidak perlu bersusah payah melatih diri lagi, juga tidak perlu belajar lagi. Buddha dan Bodhisattva Maha Maitri Maha Karuna, namun juga tidak bisa menyerahkan Maitri Karuna-Nya kepada kita, jadi tidak bisa dipindahtangan-kan.

Yang tersesat adalah dirimu sendiri, yang mencapai pencerahan juga adalah dirimu sendiri, ini adalah kebenaran yang tidak bisa diubah.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017

我們要細心去觀察,佛菩薩所說的東西都在眼前,只要你細心觀察,六根在六塵境界你都會發現,然後你才佩服佛陀真有智慧,真了不起,全看到了,看透了。看透之後什麼樣的心態?沒有起心,沒有動念,眼見色,耳聞聲,鼻嗅香,舌嘗味,六根在六塵上不起心不動念,六根六塵了了分明。不起心不動念就是真的,起心動念就是妄的。不起心不動念,真心用事,起用;起心動念,妄心用事。用妄心,凡夫;用真心,佛菩薩。佛所講的這些道理,這是珍寶。我們要接受,接受是什麼?我們要學習,我們要真幹。他不能把他所覺的給我,他做不到,如果能做到,我們就不要修了,也不要學了,佛菩薩慈悲,他的慈悲全給我們,他做不到。迷是你自己迷的,悟還要你自己悟,天經地義。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三七集)  2017/5/13




 
 
Saya selalu menasehati praktisi sekalian, ketika mata melihat rupa, telinga mendengar suara, hidung mencium bau, di dalam kehidupan keseharian, ketika 6 indria (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) melakukan kontak dengan 6 objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), bagaimana seharusnya?

Melihat dengan sadar, mendengar dengan sadar, segala sesuatu ditanggapi dengan jelas, memahaminya, namun tidak menaruhnya di hati. Segala sesuatu dimengerti dengan jelas, namun takkan menaruhnya di hati, ini sangat penting. 

Apabila anda menaruhnya di hati, ini sudah salah, mengapa demikian? Di dalam hati sejati, tidak ada semua ini, baik dan buruk juga tidak ada. Hati khayal ada baik dan jahat. Maka itu kita menggunakan hati yang sesungguhnya, belajar menggunakan hati sejati, di dalam hati sejati tidak ada baik dan buruk, segalanya adalah setara.

Tidak menaruhnya di dalam hati, maka hatimu akan bebas dan bahagia, sebaliknya bila menaruhnya di dalam hati, maka hati jadi memikul beban, hati yang ada ganjalannya adalah hati khayal, bukanlah hati sejati.

Bagaimana caranya menyingkirkan hati khayal tersebut, sehingga perlahan hati sejati dapat muncul ke permukaan? Yakni ketika 6 indria melakukan kontak dengan 6 objek, segalanya dimengerti dengan jelas, namun takkan taruh di hati.      

Mengenai hati ini, Master Huineng berkata, hati sejati itu pada mulanya adalah suci. Bila anda menaruhnya di dalam hati, maka hati jadi tercemar, padahal mulanya tidak ada sesuatu apapun, tetapi sekarang anda menaruh kebajikan di dalamnya, maka hatipun jadi tercemar, anda menaruh hal buruk di dalamnya, hatipun ikut tercemar, bahkan sampai anda menaruh Buddha di dalamnya, hatipun jadi tercemar.

Ini adalah menuruti ajaran Dhyana (Zen), lain halnya dengan Ajaran Sukhavati, dimana kita mesti menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, oleh karena kita ingin terlahir ke Alam Sukhavati.

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, syarat yang diperlukan adalah yakin, bertekad dan melafal Amituofo, begitu gampangnya, ini adalah upaya kausalya dalam Aliran Sukhavati. Sebelum sampai di Alam Sukhavati, kita tidak boleh melepaskan kemelekatan pada Buddha Amitabha, maka itu siang malam 24 jam, setiap saat setiap butir niat pikiran yang muncul adalah Amituofo, begini barulah betul.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Mei 2017

我常常勸勉同學,眼見色,耳聞聲,鼻嗅香,我們在日常生活當中,六根所接觸的六塵,六根是眼、耳、鼻、舌、身加個意,六塵是色、聲、香、味、觸、法,法是意根對的,就是起心動念。應該怎樣?看得清楚,聽得清楚,樣樣都清楚,都明瞭,不放在心上。心清清楚楚,不住在心上,這個要緊。你把它放在心上,錯了,為什麼?真心裡頭什麼都沒有,善惡都沒有。妄心有善有惡。所以我們用真心,學用真心,真心沒有善惡,平等的。不放在心上,你的心就自在,心就快樂,放在心上,心就有負擔,有負擔的心是妄心,不是真心。怎麼樣慢慢的把這妄心擺脫掉,讓真心現前?就是六根在六塵境界,樣樣清楚,絕不放在心上。心,惠能大師說的很好懂,心是清淨的。放在心上就被染污了,它本來沒東西,你放上個善,被善染污了;甚至於你放上個佛,你被佛染污了,佛也不能要。淨土宗例外,禪宗不能要,哪個宗派都不能要,淨土宗為什麼?淨土宗念阿彌陀佛是正確的,因為我們想到極樂世界去,是這麼回事情。到極樂世界的條件,信、願、持名,持名就是念這一句阿彌陀佛,就行了,所以這是淨宗的方便法。到西方極樂世界了再放下,沒有到西方極樂世界,決定不能把阿彌陀佛放下。所以只允許你二六時中,就是二十四個小時,念念都是阿彌陀佛,就對了,你就沒錯了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三七集)  2017/5/13