Jumat, 09 Juni 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juni 2017


 “Praktisi yang terlahir dari kandungan Bunga Teratai” adalah “mereka yang dengan keraguan hati menimbun jasa kebajikan, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati”.

Jadi praktisi yang memiliki keraguan, bagaimana mereka dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Dia melafal Amituofo dengan serius dan membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Lantas kenapa pula dikatakan dia masih memiliki keraguan hati?

Oleh karena dia tidak meyakini sepenuhnya apa yang telah dibabarkan Buddha Sakyamuni, pokoknya coba saja dulu deh, kalau berhasil yah syukurlah, kalau gagal yah tidak masalah, juga bukan persoalan besar.

Orang yang melafal Amituofo dengan sikap begini, sampai di Alam Sukhavati, Bunga Teratainya tidak bisa bermekar, kuntumnya masih saja berada di permukaan Kolam Tujuh Mustika, berapa lama Bunga Teratainya berada di Kolam Tujuh Mustika dan tidak bisa bermekaran?

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, praktisi itu harus menunggu hingga 500 tahun kemudian. Di Alam Sukhavati tidak ada perhitungan tahun, bulan dan hari, jadi 500 tahun itu dihitung menurut waktu kita di sini.

500 tahun kemudian, keraguan si praktisi sudah lenyap, barulah Bunga Teratainya bermekar dan bersua dengan Buddha Amitabha. Inilah akibatnya apabila dengan hati yang masih diliputi keraguan, menimbun jasa kebajikan, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Jadi praktisi yang masih diliputi keraguan ini, meskipun terlahir di Alam Sukhavati, namun selama 500 tahun kelopak bunganya tak terbuka, dia tinggal di dalam kandungan Bunga Teratai, tidak dapat bertemu Buddha Amitabha dan mendengar pembabaran DharmaNya, maka itu disebut sebagai praktisi yang terlahir dari kandungan bunga. Juga disebut sebagai praktisi yang tinggal di dalam Kota Keraguan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juni 2017


「胎生者」,從胎生看,「以疑惑心修諸功德,願生極樂」。有疑惑怎麼能往生?他真念佛,他真求生。為什麼說疑心?佛說的不敢完全相信,反正試試看,如果真往生了,好啊,不往生就算了,也不是壞事。這樣的心態往生,到極樂世界花開不了,要在寶池裡頭,七寶池裡頭待多久?佛在經上告訴我們,五百年。極樂世界沒有年月日,這五百年是我們這邊時間算,我們這個地方的時間五百年,疑斷盡了,疑惑沒有了,這才花開見佛。化生的都是花開見佛。所以,以疑惑心修諸功德,願生極樂。「於佛五智疑惑不信」,這個五智是本經所說的,「然猶信罪福,修習善本,生極樂國」。這裡說出來了,「但於五百歲中,花不開放。處花胎中,不能見佛聞法,故曰胎生。或名邊地」,叫邊地疑城,都是指這一類眾生。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五二集)  2017/6/1


 

 

“Meskipun si praktisi tinggal di dalam kandungan bunga, bukan hanya tidak mengalami penderitaan akibat tinggal di dalam kandungan, namun menikmati kebahagiaan, yang serupa dengan kebahagiaan Dewa penghuni Alam Yama”.

Alam Yama merupakan alam surga tingkat ke-3 di Kamaloka, ada 6 tingkatan alam surga di Kamaloka, kebahagiaan yang dinikmati mereka, kita di alam ini tidak bisa sebanding dengannya.

Di bawah Alam Surga Yama adalah Surga Trayastrimsa (Pali : Tavatimsa). Raja penguasa Surga Trayastrimsa sangat tersohor di Alam Manusia, orang Tionghoa menyebutnya sebagai Kaisar Giok (Thi Kong/ Raja Sakra/ Raja Dewa), tempat kediaman beliau ada di Surga tingkatan ke-2 di Kamaloka, yakni Surga Trayastrimsa. Untuk terlahir di Surga Trayastrimsa harus melatih Sepuluh Kebajikan dengan sempurna.

Pahala yang dimiliki Dewa penghuni Alam Yama sangat besar, satu hari di Surga Yama adalah sama dengan 200 tahun waktu dunia manusia. Panjang usia mereka adalah dua ribu tahun menurut waktu di Alam Yama. Anda bisa membayangkan betapa panjangnya usia Dewa Surga Yama.

Maka itu para Dewa di Surga Yama ini, Buddha dan Bodhisattva juga menjaganya, para Dewa yang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, jumlahnya juga tidak sedikit, bahkan lebih banyak daripada yang berasal dari alam kita ini.

Di bawah Surga Yama adalah Surga Trayastrimsa, satu hari di Surga Trayastrimsa sama dengan 100 tahun waktu di alam manusia. Panjang usia Dewa penghuni Surga Trayastrimsa adalah seribu tahun menurut waktu di sana. Inilah pahala yang diperoleh dari menimbun berkah di enam alam tumimbal lahir.

Manusia sangat menghormati Dewa, manusia yang bercita-cita lahir ke Surga, jumlahnya sangat banyak! Tetapi kenapa mereka justru tidak meyakini Alam Sukhavati? Oleh karena perasaan minder, menganggap karma buruk yang diciptakan sudah terlampau banyak, sehingga merasa tidak pantas terlahir di Alam Sukhavati.

Lalu pikir-pikir masih bagus bisa terlahir di Surga jadi Dewa, syaratnya juga ringan. Sebenarnya bila anda ingin terlahir di Surga juga harus membangkitkan keyakinan baru bisa, jadi kalau anda berniat terlahir di Alam Yama misalnya, anda juga harus yakin kalau Alam Yama itu benar-benar nyata adanya.

Meskipun anda berhasil mendaki sampai alam tertinggi dari 31 alam kehidupan, yakni Neva-sanna-nasanna-yatana di Arupaloka, namun masih belum berhasil keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Hari ini kita telah bersua dengan peluang yang bagus untuk keluar dari enam alam tumimbal lahir, dibandingkan dengan Surga Yama, Surga Trayastrimsa, bahkan hingga yang tertinggi yakni Surga Neva-sanna-nasanna-yatana, maka pilihan kita yakni Tanah Suci Sukhavati, adalah lebih tinggi lagi, di luar dari 31 alam kehidupan, yang tertinggi tiada taranya lagi!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juni 2017


「且邊地之人雖云處胎,不但無處胎之苦,所受快樂,猶如夜摩天人。」夜摩天是欲界第三層天,欲界有六層天,他們的快樂我們這人間比不上。夜摩天下面是忉利天,忉利天的天主,中國人叫他玉皇大帝,欲界第二層天,修上品十善生這個天。惡不能不斷,善不能不修。夜摩天福報很大,他跟我們有時差,夜摩天的一天,是我們人間二百年。他的壽命,是在他那個地方兩千歲,你就可想而知壽命長。所以這些天人,佛菩薩都照顧,他們念佛往生成就的不少,甚至於比我們還多。再下面去忉利天,忉利天的一天是我們人間一百年,他們的壽命是忉利天的那邊一千歲。諸位去想想,這是六道裡頭修福報。
人對天尊重,希望能生到天上的人多啊!為什麼不能相信極樂世界?自卑感很重,認為自己造作業障很多,尤其是惡業,自己想想,不配往生極樂世界。聽說有天上,具足這個條件可以生天,那就容易多了。能不能往生,還是一個信心,相信真正有夜摩天,真正有忉利天,夜摩天再上去,真正有四禪天,四禪再上面有無色界天,六道,沒出六道。我們今天遇到的機會,是可以出離六道輪迴,比夜摩天、忉利天,甚至於非想非非想處天,高得太多了!

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五二集)  2017/6/1

 
 

 
 
Di atas Surga Yama adalah Surga Tusita, lalu naik ke atas lagi adalah Surga Nirmanarati, ke atas lagi adalah Surga Parinirmita-vasavartin, inilah surga tertinggi di Kamaloka. Dari sudut pandang manusia, para Dewa penghuni Alam Surga memiliki pahala yang sangat besar, di dunia ini mustahil bisa ditemukan.

Para Dewa menikmati usia panjang, tidak ada yang pendek umur, juga tidak pernah terdengar kalau Dewa bisa jatuh sakit, apa alasannya? Kita tahu bahwa penyakit itu berasal dari makanan dan minuman, penyakit itu berasal dari apa yang kita masukkan ke dalam mulut.

Lantas apakah Dewa penghuni Surga masih perlu makan dan minum? Kami percaya mereka tidak butuh makan dan minum lagi. Mengapa demikian? Bayangkan saja praktisi yang berada di Alam Manusia ini, sehari cuma makan sekali saja yakni waktu tengah hari, bahkan jumlahnya sangat banyak, usia mereka juga panjang.

Sementara Dewa yang menghuni Surga Caturmaharajika dan Surga Trayastrimsa, terhadap makanan dan minuman Surgawi, termasuk juga hidangan persembahan dari kita, mereka cukup menghirup wanginya maka sudah cukup, jadi tidak usah melahapnya ke dalam perut, tidak perlu begitu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Juni 2017


所以仰慕、希望生天的人很多,五欲六塵沒放下,欲界。夜摩再上去兜率,兜率再上去化樂天,化樂天再上去,第六層,最高的,他化自在天。在我們人的心態來觀察,福報是真大,這個世間找不到。壽命真長,沒有聽到短命的。也沒有聽說天人生病的,為什麼?疾病絕大多數是從飲食裡頭,病從口入。四王天、忉利天要不要飲食?我們相信他沒有飲食。為什麼?人間修行人,日中一食的人很多,壽命長。天人,有講到天上飲食,我們人間供養他的,他聞到這個香味就夠了,不需要把它吃到肚裡去,不需要。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五二集)  2017/6/1