84 ribu pintu
Dharma bertujuan untuk menyembuhkan penyakit batin manusia, tetapi bukan tiap
jenis pintu Dharma dapat berhasil dilatih, kalau obatnya tidak cocok maka
penyakit akan bertambah parah, ketika obatnya tidak tepat sasaran, maka metode
tersebut hanya akan membantumu menciptakan karma, anda akan menfitnah,
menfitnah Ajaran Suci, mempengaruhi orang lain, sehingga timbul kecurigaan
terhadap sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), akibatnya dia tidak berdaya
memperoleh penyelamatan.
Padahal sejak semula
dia melangkah di Jalan Benar, tetapi kamu malah menariknya keluar dari jalur
yang benar, kamu sendiri tidak mampu meraih keberhasilan, sekarang malah
sengaja membuat orang lain juga gagal, betapa beratnya kesalahanmu ini.
Maka itu, Buddha
Sakyamuni membabarkan sutra ini guna memberi manfaat yang sesungguhnya kepada
semua makhluk di Planet Bumi ini, terutama kepada manusia. Sedangkan hewan yang
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, ini dikarenakan pada masa kehidupan
lampaunya, pernah memberikan persembahan kepada para Buddha Tathagata, meskipun
jatuh ke Alam Binatang, para Buddha Tathagata masih memberkati dirinya, supaya
dia dapat membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, menjemputnya
terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu sungguh langkah adanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
八萬四千法門得對症下藥,不是樣樣都能成就,要不對症的話還有麻煩,不對症的時候幫助你造業,你會毀謗。毀謗聖教,影響別人,對這部經講的產生懷疑,讓他不能得度。他走上這個正道,你把他從正道上拉下來,你自己不能成就,你還讓別人不能成就,這個過失多重。所以,佛說這部經,是惠以真實之利。對象,地球上所有的眾生,人類是主要的,畜生道有成就的,那都是過去生中供養諸佛如來,雖墮畜生道,諸佛如來還是加持牠,讓牠信願持名,送牠到極樂世界。所以太稀有了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八七集) 2017/10/10
Buddha Sakyamuni
berjerih payah, setiap kata dan kalimat yang dibabarkan guna menasehati kita,
mesti menggenggam erat kesempatan ini, kesempatan yang sulit ditemukan.
Begitu kita
kehilangan raga manusia, ke mana kita akan menuju? Kebanyakan jatuh ke tiga
alam rendah, sementara yang bertumimbal lahir di tiga alam bajik, jumlahnya
sedikit. Bagaimana bisa meraih keberhasilan?
Maka itu
kesempatan ini merupakan mustika Dharma yang paling langka adanya, sampai pada
masa yang akan datang, ketika periode berlangsungnya Buddha Dharma di dunia ini
berakhir, yakni jaman berakhirnya Dharma, sudah sampai penghujungnya, dimana
seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni satu persatu lenyap dari
peredaran, satu-satunya yang masih beredar hanya Sutra Usia Tanpa Batas
bertahan selama seratus tahun.
Kala itu apabila
anda mendengar lafalan Amituofo, lalu tergugah oleh sepatah Amituofo ini,
menerima dan mengamalkannya, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal
Amituofo, juga dapat berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Sungguh
menakjubkan tak terbayangkan! Maka itu Maha Maitri Maha KarunaNya, budi
kebajikanNya tak terhingga. Kita patut memberi ucapan selamat kepada diri
sendiri.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
世尊苦口婆心,字字句句勸導我們,要把握這機會,機會很難遇到。我們一失人身,到哪裡去了?絕大多數三惡道去了,三善道的人少了。怎麼成就?所以這是第一稀有難逢的法寶,一直到將來,佛的法運,末法盡了,盡頭了,還止住一百年。就是釋迦牟尼佛的法運統統沒有了,最後還有一百年,這一百年當中,只有這部經,或者說,這一百年當中,只有一句阿彌陀佛。你能聽到這句佛號,能被這句佛號感動,念佛求生淨土,還是能往生。真正不思議!所以「遇斯經者,隨意所願,皆可得度。深顯佛慈無盡,佛恩無極」。真的是大慈大悲,恩德無量。我們要慶幸自己。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八七集) 2017/10/10
Nama Buddha Amitabha sungguh merupakan “Pil Agada Penyelamat Semua
Makhluk”, Pil Agada dapat menyembuhkan semua jenis penyakit, khasiatnya tak
perlu diragukan lagi.
84 ribu pintu Dharma, belum tentu bermanfaat bagi dirimu, belum tentu cocok
dengan akar kebijaksanaan-mu, sedangkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo cocok
bagi semua insan tanpa terkecuali. “Penyelamat Semua Makhluk”, termasuk kita di
dalamnya, hal ini harus diakui, kita bukan terpisah darinya, namun termasuk di
dalamnya, sebagai makhluk yang terselamatkan.
Hari ini kita telah menerima anugerah Pil Agada dari Buddha Sakyamuni,
kelahiran berikutnya, kita tidak perlu lagi berputar di enam alam tumimbal
lahir, kita pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Sampai di Alam Sukhavati, setelah menyempurnakan KeBuddhaan, kemudian
meneladani para Buddha Tathagata, menjelma di alam para Buddha di sepuluh
penjuru, membantu Buddha Amitabha menuntun para makhluk supaya terlahir ke Alam
Sukhavati, membalas budi Buddha.
Dengan cara apa kita membalas budi Buddha? Dengan sebutir Pil Agada ini.
Dengan perkataan lain, kita menampilkan jelmaan dengan berbagai status,
menuruti kehendak hati para makhluk, pasti akan membabarkan “Sutra Usia Tanpa
Batas”. Memperkenalkan jasa kebajikan dan kewibawaan Alam Sukhavati yang tak
terhingga dan tanpa batas kepada para
hadirin, menasehati semua makhluk supaya membangkitkan keyakinan dan tekad
melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati. Inilah balas budi!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
阿彌陀佛佛號,實實在在「是普濟眾生之阿伽陀藥」,阿伽陀是什麼病都能治,這個藥能治一切病,不用懷疑。八萬四千法門,未必對你有利益,適合你的根性,這個法門適合。普濟眾生,這個眾生包括有我們在內,這個要承認,我們不是在這一句之外,在這一句之內。今天我們得到釋迦牟尼佛的阿伽陀藥,來生不再搞六道輪迴了,來生決定往生極樂世界。
成佛之後,再效法諸佛如來,應化在諸佛剎土,幫助佛接引眾生,報佛恩。用什麼方法報佛恩?我相信都會用這一服普濟眾生的阿伽陀藥。也就是說,我們示現種種不同身分,隨眾生心,應所知量,必定會為眾生說《無量壽經》。把西方極樂世界的功德,無量無邊的莊嚴,介紹給大家,勸導大家信願持名,求生淨土。這報恩!
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八七集) 2017/10/10
Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) dibabarkan berulang kali oleh Buddha
Sakyamuni semasa berada di dunia. Profesor Jin dari Mongolia memberitahu
padaku, di dalam Tripitaka bahasa Mongolia, tercantum belasan versi “Sutra Usia
Tanpa Batas”. Maka itu kita tahu bahwa Buddha Sakyamuni membabarkan sutra ini
berulang kali.
Jarang sekali ada kasus dimana sutra yang dibabarkan berulang kali, pada
umumnya Buddha Sakyamuni membabarkan satu judul sutra hanya se-kali saja, tidak
ada yang diulang untuk kedua kalinya, satu-satunya hanya sutra ini, yang
dibabarkan berulang kali.
Semoga kita menuruti ajaran sutra ini, membangkitkan keyakinan dan tekad
melafal Amituofo, terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
這部經,釋迦牟尼佛在世多次宣講。蒙古的金教授告訴我,蒙古文《大藏經》裡面,《無量壽經》有十幾種版本。所以我們知道,這是釋迦牟尼佛多次宣說。多次宣說,很少有這個例子,佛通常只講一遍,沒有講過第二遍的,唯獨這部經多次宣講。希望我們依這個經的教誨,信願持名,往生極樂世界,親近無量壽佛。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八七集) 2017/10/10
Tiga ribu tahun setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, kita
bersua dengan Pintu Dharma ini, apakah kita masih merasa ragu? Pasti ada. Kalau
ada, masih bisa dimaklumi. Sepanjang hidup ini, ternyata masih ada tidak
sedikit praktisi pelafal Amituofo, baik umat awam maupun anggota Sangha,
membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, menampilkan peragaan Dharma
untuk diperlihatkan kepada kita, menjadi teladan bagi kita, berapa banyak
praktisi yang saat menjelang ajal, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir
ke Alam Sukhavati, meninggal dunia dengan damai, terlahir ke Alam Sukhavati
dengan bebas tanpa rintangan, sehingga kita yang melihatnya, yang mendengarnya,
tiap tahunnya juga ada kasus sedemikian rupa.
Tidak usah bahas yang lainnya, cuma satu vihara saja, tiap tahun sampai
ada beberapa kasus praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan
ada yang sampai berjumlah belasan orang banyaknya, menampilkan fenomena
istimewa, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, saat
menjelang ajal tidak menderita sakit, tiada mengalami penderitaan sakit dan
mati. Orang-orang ini dapat menjadi bukti bagi kita, setelah melihatnya kita
mesti percaya. Maka itu tidak boleh timbul keraguan pada Pintu Dharma Tanah
Suci.
Bagaimana jika kita bertemu denga kondisi begini? Bangkitkan rasa hormat
membaca sutra, oleh karena membaca sutra dapat mengembangkan kebijaksanaan,
membaca sutra memperoleh pemberkatan dari Triratna, menumbuhkan keyakinan
hatimu. Atau praktisi yang akan terlahir ke Alam Sukhavati, berjodoh denganmu,
anda mengantar kepergiannya. Anda dapat melihat kepergiannya, walaupun
menderita sakit, tapi tidak mengalami penderitaan sakit; dia terlahir ke Alam
Sukhavati, wajahnya damai dan berwibawa, tidak serupa penampilan orang mati.
Umumnya orang awam kala menghadapi ajal sungguh sengsara, tidak ikhlas
juga tidak rela berpisah dengan dunia ini, siksaan yang tak terungkapkan dengan
kata-kata. Lain halnya dengan Praktisi Pelafal Amituofo, takkan ada beban,
menyongsong ajal dengan bebas tanpa rintangan, sangat damai, menampilkan
peragaan Dharma untuk diperlihatkan bagi orang banyak.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
佛滅度之後三千年,我們遇到了,有沒有懷疑?當然有。有是可以原諒的。在這一生當中,依然有不少念佛的這些大德,在家出家,信願持名,為我們表演,為我們示範,多少預知時至,走得吉祥,走得自在,讓我們看到、聽到,年年都有。不說別的,單單一個道場,年年都有好幾個往生的,有多的有十幾個人往生的,瑞相都好,預知時至,走的時候沒有病苦,沒有死苦。這些人都可以給我們做證明,我們看到要相信。所以,千萬不能夠對極樂依正淨土法門復生疑惑,這就錯了。
如果我們要遇到這個情形,怎麼辦?恭恭敬敬讀經,讀經開智慧,讀經得三寶加持,增長你信心。或者是往生的人,你有緣,送他往生,你能看他走的樣子,有病,他沒有病苦;他往生了,相貌端正莊嚴,沒有死相。一般人死的時候痛苦的樣子,跟這個世間難分難割,苦不堪言,他沒有,往生的人都是非常自在,非常安詳,做好榜樣給人看。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八七集) 2017/10/10