Hari ini Bhagava telah mewariskan pada kita Pintu
Dharma yang terunggul, yakni sepatah Amituofo. Tidak timbul niat pikiran
lainnya, setiap niat pikiran yang muncul adalah melafal Amituofo,
berkesinambungan tak terputus. Anda harus melafal Amituofo dengan serius, tidak
bermalas-malasan dan gegabah.
Pada hari dimana kita telah membulatkan tekad hati,
mulai hari ini, saya takkan memisahkan diri dari Amituofo, Amituofo, Amituofo, besok
melafal sehari lagi. Setelah melafal hingga sebulan penuh, perlahan-lahan jadi
kebiasaan, sehari dapat melafal 10 ribu kali, kemudian dikembangkan lagi jadi
20 ribu kali, anda telah menggenggam erat kesempatan terlahir ke Alam
Sukhavati, ini adalah nyata adanya.
Sutra boleh dibaca, juga boleh tidak dibaca, sutra
bila disarikan, semua sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49
tahun, disarikan menjadi satu sutra saja, yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”,
membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” hingga selesai, adalah serupa dengan telah
membaca seluruh sutra, menakjubkan!
Maka itu anda mesti menghargainya, jangan sampai
terlewatkan sia-sia, bila dilewatkan begitu saja akan sungguh disayangkan.
Terutama bagi lansia yang telah berusia senja, serupa dengan usiaku ini, segala
kemelekatan telah dilepaskan, andaikata saya tidak melepaskannya maka sudah
salah, siang malam hanya terfokus melafal Amituofo, dengan demikian barulah
bisa diandalkan, memiliki jaminan. Siapa yang menjamin?
“Sutra Usia Tanpa Batas” dapat menjadi penjamin
bagi kita, Buddha Amitabha, Buddha Sakyamuni menjadi penjamin, menjamin daku
pasti berhasil. Apakah anda yakin? Apakah dapat membulatkan tekad terlahir ke
Alam Sukhavati? Dapat membangkitkan tekad, dapat yakin, memiliki niat terlahir
ke sana, maka pasti berhasil terlahir di Tanah Suci Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2017
今天,世尊傳給我們最殊勝的法門,一句佛號。不起別的念頭,起心動念阿彌陀佛,這一句阿彌陀佛念到底。你要認真念,決定不偷懶,決定不馬虎。真正下定決心那一天,從這開始,我這一天,阿彌陀佛、阿彌陀佛、阿彌陀佛,不離開,明天再念一天。念上一個月,慢慢養成習慣了,一天可以念一萬聲,從這起,兩萬聲,你往生極樂世界有把握了,是真的不是假的。經可念可不念,經是縮小了,釋迦牟尼佛四十九年所說一切經,縮小成一部,這麼一冊,這部經念完,就等於一切經全念了,妙!所以叫你要珍惜,千萬不要錯過,錯過太可惜了。尤其是年歲大了,像我這個年歲,什麼都放下了,我要不放下我就錯了,一天到晚就是一句佛號,靠得住,保險。誰保險?《無量壽經》給我們做保險,就是阿彌陀佛、釋迦牟尼佛給我做保險,保險我成就。你能不能相信?能不能求生?能發願,能相信,能求生,決定得生。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八三集) 2017/10/5
Buddha Dharma tersebar hingga ke Tiongkok sudah hampir
dua ribu tahun lamanya, selama kurun waktu dua ribu tahun ini, berapa banyak
insan berbakat, yang memiliki kebijaksanaan, kecerdasan dan beretika moral, tak
peduli anggota Sangha maupun orang awam, yang mengandalkan Pintu Dharma ini
meraih keberhasilan, berapa banyak jumlahnya? Tak terhitung lagi.
Orang-orang ini memberikan bukti pada kita, mereka
dapat berhasil, saya juga dapat berhasil, lantas kenapa pula ada yang gagal?
Permasalahannya terletak pada tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Selama ada
satu hal saja yang tidak sanggup dilepaskan, tak peduli urusan duniawi maupun
urusan dalam cakupan Buddha Dharma, asalkan satu saja hal yang tidak sanggup
dilepaskan maka anda takkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Ketrampilan melatih diri menuju ke Alam Sukhavati
adalah sedemikian murninya, sedemikian terfokusnya, tidak boleh ada secuilpun
hal yang berbaur di dalamnya, barulah bisa meraih keberhasilan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2017
佛法傳到中國將近兩千年了,這兩千年當中,多少有才華、有智慧、有聰明、有德行的人,無論在家出家,依這個法門成就的有多少人?不計其數。這些人是我們的證明,他能成就,我也能成就,我為什麼不能成就?我們不能成就,問題出在什麼地方?放不下。只要有一樁事情放不下,無論是世間事還是佛法的事,只要有一樁放不下,你就去不了極樂世界。極樂世界的功夫,是純到極處,專到極處,不能有絲毫夾雜才能成就。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八三集) 2017/10/5
“Melafal nama Buddha Amitabha adalah kebijaksanaan
sejati Dharmakaya, jasa kebajikan dari Dharmakaya sungguh tak terbayangkan,
maka itu jasa kebajikan dari nama Buddha juga tak terbayangkan”.
Untuk memperoleh jasa kebajikan yang tak
terbayangkan adalah dengan cara melafal Amituofo. Melakukan kebajikan apa saja
adalah semu, cuma mendapatkan pahala Alam Dewa dan Manusia saja.
Namun demikian, masih ada satu kebajikan yang nyata
adanya, jaman sekarang ini, manusia lebih percaya dengan yang palsu dan
mengabaikan kebenaran, di mana saja kita bisa menjumpainya. Sementara yang
serius, percaya pada kebenaran dan mengabaikan yang palsu, meskipun mengangkat
lentera sambil memperhatikan, tak satupun bisa dijumpai. Lantas bagaimana?
10 tahun kemudian, 20 tahun kemudian, 30 tahun
kemudian, kita bukan makin maju, sebaliknya malah mengalami kemerosotan, ajaran
insan suci dan bijak jaman dulu, tidak ada lagi yang sudi mempelajarinya,
katanya sudah ketinggalan jaman, sudah tidak cocok lagi dengan jaman modern,
dengan demikian pendidikan budi pekerti akan mengalami kemunduran, bahkan
perlahan akan lenyap dari muka bumi. Sementara itu praktisi yang mengasingkan
diri, menutup segala hubungan dengan duniawi, juga akan kian langka.
Jadi kita hidup di era sekarang ini, masih
terhitung lumayan bila dibandingkan 30 atau 50 tahun mendatang, bahkan masih
begitu lumayannya. Inilah yang menjadi alasan mengapa kami menyelenggarakan
Kampus Han, semoga budaya warisan leluhur Tiongkok, ada generasi muda yang
meneruskan dan melestarikannya, para Bodhisattva yang berusia muda, yang datang
kembali ke dunia ini untuk menyelamatkan makhluk lainnya.
Kalau bukan jelmaan Bodhisattva, dia takkan percaya
pada pendidikan budaya warisan leluhur. Kami percaya maka itu kami
membangkitkan niat luhur, untuk apa saya datang ke dunia ini? Saya datang untuk
menyelamatkan pendidikan budaya warisan leluhur. Dengan cara apa
menyelamatkannya? Dengan membaca buku-buku karya insan bijak jaman dulu, lalu
menjelaskannya kembali kepada orang banyak, lalu mewariskan apa yang telah
dipelajari kepada penerus, dari satu generasi ke generasi selanjutnya,
berkelanjutan tak terputus.
Tidak boleh tidak ada penerus, mesti mencari orang
yang meneruskan menyebarluaskan-nya. Asalkan anda punya niat, maka anda pasti
bertemu dengannya. Insan yang suka belajar dapat diamati dengan cara mudah
sebagai berikut, berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan menjunjung
ajaran, orang begini bolehlah diwariskan padanya, asalkan dia memiliki niat
hati sedemikian rupa maka dapat diwariskan padanya, tanpa niat hati begini maka
tidak bisa diandalkan, sebagus apapun ilmu yang anda wariskan padanya, dia juga
takkan meneruskan mewariskan pada generasi berikutnya, perhatiannya tak
terfokus.
Maka itu anda mesti mengetahui, berbakti pada
ayahbunda dan menghormati guru merupakan akar dan landasan besar untuk menjadi
insan suci dan bijak, berbakti pada ayahbunda dan menghormati guru merupakan
akar dan landasan besar untuk menjadi Buddha dan Bodhisattva. Terpisah dari
berbakti pada ayahbunda dan menghormati guru, maka ajaran insan suci dan bijak
akan sirna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2017
「蓋彌陀名號正是真實智慧無為法身,法身功德不可思議,故名號功德亦復不可思議」。取不可思議的功德是念佛。做什麼好事都是假的,人天福報而已。但是有一樁事情是真的,現在人信假的不信真的,到處可以看見,信真不信假,打著燈籠也找不到一個。怎麼辦?十年之後,二十年之後,三十年之後,我們不是在進步,是退步,古聖先賢的教育沒人學了,都說這是落伍了,不適合時代了,那麼古聖先賢的教育肯定會衰,會在這個世間消失了,變成極少數的人住在深山裡頭,不喜歡跟這個世間往來的,那稀有再稀有,太難得了。那我們現前時代,比三五十年之後,好太多了。這就是我們為什麼要辦漢學院的原因,希望中國傳統文化,有年輕人來繼承,年輕的菩薩,年輕的再來人。不是再來人他不相信,真正相信,再來人。我們遇到能信,能發大心,我來幹什麼?我來救傳統文化的。用什麼方法來救?讀古人書,講解古人的書,把自己所學的傳給後人,一代一代傳下去。不能沒有傳人,一定要找傳人。只要你發心,你就會遇到。好學的人最簡單的看法,孝順父母,尊師重道的人,那就可以傳,他只要有這個心願就能傳,沒有這個心願靠不住,你再好的東西教他,他也不會傳下去,他心不在焉。所以你一定要知道,孝親尊師是聖賢的大根大本,孝親尊師,也是成佛成菩薩的大根大本,離開孝親尊師,聖賢的法、聖賢的道就沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八三集) 2017/10/5
Kita mengamati orang lain, kita berinteraksi
dengannya, mulut tidak perlu mengomentarinya, namun di dalam hati telah
mengetahuinya dengan jelas. Harus melihat dengan jelas, apakah boleh menjalin perkenalan
dengan orang ini atau tidak.
Terutama dalam belajar Ajaran Buddha, belajar
klasik budaya warisan leluhur, dia pintar berteori, tapi apakah benar dia juga
mengamalkannya. Kalau orang ini cuma pintar berteori tapi tidak mengamalkannya,
maka saya cuma belajar teori dan penjelasan dengannya.
Setelah memahami teori dan penjelasannya, saya juga
bisa memberi ceramah, tapi yang penting adalah saya harus mampu mengamalkannya,
anda tidak mengamalkannya, tetapi saya mesti mengamalkannya, barulah dapat
melestarikan budaya warisan leluhur yang telah berusia lima ribu tahun, jasa
kebajikan ini tak terhingga dan tanpa batas.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2017
我們觀察一個人,我們跟人相處,嘴巴不必說,心裡有數,要看得出來,這個人可不可以交結。尤其學佛法,學傳統的典籍,他能講,他有沒有做到。能講沒有做到,我們只取能講的一部分,我跟你學,學解,解門,我能理解,我也能講,更重要的,你沒有行,我要行,才能把五千年文化傳下來,功德無量無邊。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八三集) 2017/10/5
Sepanjang hayatku, kalau membicarakan tentang
kepribadian, bukanlah kepribadian yang bagus, selalu saja harus mencari tahu
hingga sejelas-jelasnya barulah saya mau percaya, gara-gara inilah yang telah
membuat diriku menderita kerugian besar.
Insan yang memiliki akar kebajikan yang mendalam
dan tebal, begitu melihat dan mendengar langsung menerima dan mengamalkannya.
Sementara diriku ini, harus menanti hingga usia 85 tahun barulah sepenuhnya
menerima dan mengamalkannya.
Sebelum usia 85 tahun saya masih suka mendalami
sutra-sutra besar, Kata Dharma para guru sesepuh tersohor dari berbagai aliran,
bahkan juga mencakup ajaran Aliran Theravada.
“Sutra Usia Tanpa Batas” diperkenalkan oleh Guru Li
(Upasaka Li Bing-nan) kepada diriku, saya masih saja tidak sanggup percaya
sepenuhnya. Kemudian ketika saya menceramahkan “Avatamsaka Sutra”, sampai pada
topik Sudhana Kumara menuntut ilmu pada 53 kalyanamitra, saya jadi tercerahkan
dan mengerti.
Ternyata jalan yang saya jalani selama ini adalah
jalan kemunduran, maka itu saya melepaskan seluruhnya, memilih jalan menuju
kemajuan, jalan yang lurus dan lapang, yang langsung menuju ke tempat tujuan
yakni Melafal Amituofo. Selain melafal Amituofo, yang lainnya takkan kupelajari
lagi.
Sebelum usia 80 tahun, cobalah anda datang
mengunjungiku, lihatlah kamarku penuh dengan rak buku, sekarang sudah tidak ada
lagi, saya tidak menghendaki lagi, kalau ada orang yang suka, saya kasih ke
dia, biar saja dia yang belajar dan tercerahkan, saya tidak menghendakinya
lagi, kini saya hanya menfokuskan diri pada satu sutra saja yakni “Sutra Usia
Tanpa Batas” dan sepatah Amituofo.
Maka itu ceramahku kemudian juga cuma bertajuk satu
sutra saja dan sepatah Amituofo, memberi bukti kepada semua orang. Segala
ketenaran dan keuntungan, baik duniawi maupun non duniawi, telah disapu hingga
sebersih-bersihnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2017
我這一生,得講個性,不是好個性,一定要把東西搞得徹底透徹明白,我才會相信,虧吃大了。善根深厚的人,他看一遍聽一遍,他就真幹了。我對這個完全相信,完全接受,八十五歲才開始。八十五歲之前,都在一些大經大論上,賢首、天台、慈恩,還包含一些小乘經教,都在這些經典上下功夫。遇到《無量壽經》,老師介紹給我的時候,我還不完全相信。我講《華嚴經》,講到善財童子五十三參,我才完全覺悟了,明白了。我走的路子是迂迴的道路,我放棄,我走直道,直通,直通是什麼?就是無量壽,阿彌陀佛,《無量壽經》,阿彌陀佛這句名號,別的不搞了。年輕,早年間,八十歲之前你來看我,我的房間四周圍都是書架,都是書,現在你看我沒有了,不要了,有人喜歡的送給別人,留給他人悟,我不幹了,我就一部《無量壽經》,一聲阿彌陀佛。所以往後講經,我也就是一部經,一句佛號,給大家做證明。世出世間名聞利養,掃除得乾乾淨淨。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八三集) 2017/10/5