Buddha Amitabha memiliki kemampuan gaib yang maha sempurna, menampilkan
tubuh jelmaan yang tak terhingga, menuju ke sepuluh penjuru alam menjemput para
praktisi pelafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati. Setiap praktisi pelafal
Amituofo yang terlahir ke Alam Sukhavati, setelah bersua dengan Buddha
Amitabha, maka kemampuan gaib yakni kekuatan batin yang diperoleh dari hasil
melatih diri, akan setara dengan Buddha Amitabha.
Dengan perkataan lain, saya juga memiliki kemampuan menampilkan tubuh
jelmaan yang tak terhingga dan tanpa batas, menuju ke sepuluh penjuru alam
belajar pada para Buddha Tathagata, memberi persembahan menimbun berkah,
mendengar pembabaran Dharma mengembangkan kebijaksanaan.
Cobalah praktisi sekalian pikirkan, di dunia ini, siapa yang sanggup
mempelajari seluruh isi Tripitaka, meskipun harus mempergunakan seumur
hidupnya? Mustahil, apalagi
menjelaskannya kepada orang banyak? Tetapi lain halnya apabila berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati, maka hal ini jadi begitu gampang.
Di dunia ini, juga sepuluh penjuru alam, hampir serupa adanya, usia para
makhluk ada batasnya, hanya satu-satunya di Alam Sukhavati, penduduknya
memiliki usia tanpa batas. Ini merupakan pemberkatan dari jasa kebajikan Buddha
Amitabha yang tak terhingga, menjamin diri kita serupa dengan diriNya.
Andaikata bukan usia tanpa batas, maka Buddha Amitabha juga takkan
mencapai KeBuddhaan, sekarang di Alam Sukhavati di penjuru barat, Beliau telah
mencapai KeBuddhaan, 48 butir tekad agungNya, setiap butirnya telah terwujud
dengan sempurna.
Maka itu kita tidak boleh ragu, hendaknya giat melatih diri dengan
serius, dalam satu masa kehidupan ini, terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada
Buddha Amitabha. Begini barulah betul, anda sudah benar secara keseluruhan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017
阿彌陀佛神通廣大,現無量無邊身,到十方世界接引念佛人往生。每一個往生的人,生到極樂世界,見到阿彌陀佛,神通、道力幾乎跟阿彌陀佛是平等的。換句話說,你也有能力化身無量無邊,幹什麼?到十方世界親近諸佛如來,供佛修福,聽佛說法修慧。我們在這個世界,諸位想想,誰有能力在一生當中,把《大藏經》從頭到尾念明白了?不可能,何況是為人演說?但是往生到極樂世界,那就是很容易的事情。這個世間,以及十方剎土,都差不多的,都有壽命,長短不一樣,唯獨西方極樂世界,人人都是無量壽。這是阿彌陀佛無量的功德所加持的,保證我們跟他一樣。如果不是無量壽,他老人家就不成佛,現在在西方極樂世界成佛了,四十八願願願都兌現了。所以我們不能懷疑,應當認真努力,在這一生當中,往生到極樂世界,親近阿彌陀佛。對了,你完全對了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八五集) 2017/10/8
Berikutnya ini menasehati kita, “Hendaknya menjunjung Ajaran Sukhavati
sebagai Pedoman Pokok, berdiam dalam Dharma Sukhavati”.
Hatipun jadi tenang dan terfokus, tak lagi mencari-cari, tak lagi
tergoyahkan, saya hanya menfokuskan diri pada satu sutra saja, saya hanya
melafal sepatah Amituofo saja, dijamin anda pasti meraih keberhasilan sempurna,
dijamin dirimu saat menjelang ajal, Buddha Amitabha dan para Suciwan lainnya
pasti hadir menjemput dirimu.
Siapakah yang dimaksud Suciwan lainnya? Yakni para praktisi yang anda
kenal, yang telah terlebih dulu wafat dan terlahir ke Alam Sukhavati, sekarang
kembali bersua dan berkumpul kembali. Maka itu begitu tiba di Alam Sukhavati,
takkan kesepian, semuanya merupakan sahabat Dharma kita, sanak keluarga kita,
bersua kembali.
Sedangkan kenalan kita yang tidak melafal Amituofo, mereka masih
berputar-putar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, mereka jatuh ke alam
mana, anda mampu mengetahuinya, anda mengenal dia, anda juga memahami dirinya;
kalau kenalan anda yang telah terlahir ke Alam Sukhavati, kini menjadi sahabat
melatih diri.
Maka itu terlahir ke Alam Sukhavati merupakan hal yang begitu
membahagiakan. Ingat, setiap dari kita memiliki peluang yang sama, Buddha
Amitabha memperlakukan semua makhluk dengan setara, tanpa perbedaan.
Lain halnya dengan dunia kita ini, kehidupan manusia masih ada perbedaan
status, di Alam Sukhavati tidak ada perbedaan, seluruh penduduk Alam Sukhavati
memperoleh perlakuan yang adil dan merata, hidup dengan harmonis.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017
底下勸導我們,「當奉為綱宗,安住如是法中」。心安下來,定下來,不再動搖,我只有一部經,我只有一句佛號,保證你證得究竟圓滿,保證你臨命終時,阿彌陀佛與諸聖眾來接引你。聖眾是什麼人?你所認識的念佛人,他們比我早往生,現在都看到了。所以到極樂世界不寂寞,到極樂世界,你所認識的朋友、家親眷屬,男女老少,統統都見到了。他們沒有念佛往生,他們在六道輪迴,無論在哪一道,你認識他,你知道他;如果是念佛往生的,就又變成同參道友了。這是多麼快樂的一樁事情。記住,我們人人有分,阿彌陀佛對待一切眾生平等心,沒有分別。不像我們世間,人與人之間確實是有等級的,極樂世界沒有,真正是做到了平等對待,和睦相處。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八五集) 2017/10/8
Hidup di dunia ini, lansia seperti kami yang hidup sampai usia segini,
masih tersisa berapa tahun lagi? 9 atau
10 tahun lagi adalah mustahil. Guruku Upasaka Li Bingnan, wafat pada usia 97
tahun, ini sudah tidak gampang, hampir mencapai usia seabad. Kami sendiri dalam
melatih diri, menghapus kekotoran batin, membuktikan kebenaran, masih tak
sebanding dengan beliau.
Kini pada usiaku ini, terasa kian dekat dengan usia wafatnya Guru Li,
apa makna dibalik ini? Yakni waktu yang tersisa kian terbatas. Setiap jengkal
waktu yang ada mesti digenggam seerat-eratnya, membangkitkan keyakinan dan
tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, jangan sampai
jatuh terpuruk.
Meskipun Alam Surga atau Alam Dewa itu bagus, namun tidak sempurna,
masih memiliki usia yang terbatas. Meskipun dia mampu mencapai surga tertinggi yakni Nevasanna-na-sannayatana,
tingkatan tertinggi dari 28 tingkatan Alam Surga, para Dewa di Alam Surga ini
kalau sudah wafat, akan menuju ke mana? Buddha Sakyamuni memberitahukan pada
kita, umumnya jatuh ke Neraka. Mengapa demikian?
Oleh karena Dewa itu melatih diri di empat tingkatan alam di Arupaloka
dan empat tingkatan Alam Jhana di Rupaloka, mengira bahwa Nevasanna-na-sannayatana
merupakan yang paling sempurna, yang tidak muncul dan tidak lenyap lagi,
mengira bahwa dirinya sudah mencapai KeBuddhaan.
Ketika ajalnya tiba, dia jadi curiga pada ucapan Sang Buddha,
jangan-jangan Buddha berdusta. Bukankah saya telah memasuki Parinirvana, tetapi
kenapa sekarang masih harus menghadapi ajal? Ketahuilah bahwa buah akibat karma
dari menfitnah Buddha, menfitnah Dharma adalah jatuh ke Neraka Avici. Begitu
jatuh ke Neraka Avici lamanya adalah 80 ribu kalpa besar, siksaan yang tak
habis diungkapkan dengan kata-kata.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017
我們在這個世間,像我這個年齡,還有幾年?九十年是絕對不可能。我的老師李炳南老居士,九十七歲往生的,很不容易了,接近一百歲。我們無論在修持、斷惑、證真,都比不上他。我們跟老人往生的年齡愈來愈接近,這意味著什麼?意味著我們的光陰很有限。每一寸的光陰都要抓住,信願持名,趕快求生淨土,避免墮落。天上雖好,不究竟,他還是有壽命。縱然他生到非想非非想處天,二十八層最高,這些高層的諸天,壽命到了之後到哪裡去?佛告訴我們,多半墮地獄。為什麼?他在四空天修行、四禪天修行,以為這是最善的,以為這是不生不滅的,他成佛了,他證果了。可是壽命到了他懷疑,怎麼佛打妄語?我已經入般涅槃,怎麼還要受生死?謗佛、謗法的重罪讓他什麼?讓他墮無間地獄。無間地獄一墮八萬大劫,說不盡的苦。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八五集) 2017/10/8
“Sutra Intan menyebutkan bahwa menjauhi segala rupa, disebut sebagai
para Buddha. Namun sesungguhnya manusia awam mustahil dapat melakukannya. Manfaat
menakjubkan dari Aliran Sukhavati, sesungguhnya adalah yang paling praktis
diantara yang terpraktis”.
Hari ini kita bertemu dengan Pintu Dharma ini, mesti memperteguh hati,
asalkan melatih Pintu Dharma ini maka kita pasti berhasil. Sampai di Alam
Sukhavati, dengan pemberkatan 48 tekad Buddha Amitabha, semua penduduk Alam
Sukhavati memperoleh perlakuan yang adil dan merata. Ini adalah nyata adanya,
bukanlah diperoleh dari ketrampilan melatih diri sendiri, namun merupakan
pemberkatan kewibawaan dari 48 tekad Buddha Amitabha.
Tidak boleh tidak dipahami, tidak boleh tidak menggenggamnya erat-erat, tidak
boleh tidak melepaskan kemelekatan, tidak boleh tidak membangkitkan keyakinan
dan tekad melafal Amituofo, terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Dengan demikian barulah tidak sia-sia satu masa kehidupan ini kita lahir
ke dunia, tidak sia-sia kita melatih diri. Ingatlah, hanya urusan ini yang
merupakan hal yang nyata, urusan lainnya semuanya hanyalah semu belaka.
Untuk yang palsu tersebut, kita hanya menuruti jodoh menjalani apa
adanya, jangan ada kemelekatan. Kebajikan yang membawa manfaat bagi orang banyak,
boleh dilakukan, sebaliknya yang tidak bermanfaat bagi orang banyak, janganlah
dilakukan, begini barulah betul.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017
末後引《金剛經》上一句話,「離一切諸相,則名諸佛。實非凡夫生滅之心所能及。淨宗妙用,實為方便中之方便」。我們今天遇到這個法門,一定要穩穩當當,走世尊方便之方便,走這個法門,我們就成就了。到達西方極樂世界,雖然沒有到真正平等,但是得阿彌陀佛四十八願加持,好像極樂世界就是平等大法。這是真的,不是假的,不是我們自己功夫證得的,是阿彌陀佛四十八願威神加持的。
不能不知道,不能不加緊,不能不發憤,不能不放下,不能不信願持名,往生淨土。我們這一生就沒有白來,就沒有白幹。記住,只有這樁事情是真的,其他的全是假的。假的,隨緣,別執著。善行,於眾生有利益的,可以做,於眾生沒有利益的,決定不幹,就對了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四八五集) 2017/10/8