Senin, 16 Oktober 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017 (Bgn 1)


Tadi pagi ada seorang Pendeta Tao datang mengunjungiku, bilang padaku kalau dia sekarang juga melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, usianya juga sudah senja, melepaskan segala kemelekatan, melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Menurutnya, ajaran Tao cuma dapat terlahir ke Alam Surga saja, tidak mampu melampaui tumimbal lahir, usia lanjut bersua dengan Pintu Dharma ini, timbul sukacita yang tak terhingga.  

Kami mendengar dirinya kembali ke jalan yang benar, kami juga ikut bersukacita. Dia memberitahu padaku, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, sungguh nyata adanya.

Dia datang dari Dongbei, jumlah praktisi di Dongbei tidak sedikit, praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati jumlahnya banyak, baik yang disaksikan secara langsung maupun yang didengar secara langsung, tidak mungkin dipalsukan.

Semua ini serupa dengan yang telah disebutkan di dalam sutra, pada masa kelahiran lampau selama kalpa yang tak terhingga, memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga, pada satu masa kehidupan sekarang ini terlahir sebagai manusia, mendengar Buddha Dharma, juga bersua dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo. Memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata sehingga anda dapat membangkitkan keyakinan, bersedia membangkitkan tekad, mau melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati.

Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, segala masalah sudah terselesaikan, maka itu tidak boleh tidak bertekad terlahir ke sana.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017

今天上午,有一位道長,張道長,來看我,告訴我他現在也念佛求生淨土,年歲也大了,萬緣放下,念佛求生淨土。他說道教只能生天,不能出輪迴,老了遇到這個法門,無量的歡喜。我們聽他回頭,我們也代他歡喜。告訴我,信願持名,求生淨土,是真的,不是假的。他從東北過來,東北修行的人不少,念佛往生的人多,親眼所見,親耳所聞,假不了。這些都是像經上所說的,過去生中無量劫來,供養無量諸佛如來,這一生得人身,聞佛法,又遇到這個法門。得到諸佛如來的加持,讓你能信,肯發願,肯念佛,求生淨土。生到極樂世界,一切問題都解決了,不能不去。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八五集)  2017/10/8



 
 
Bait sutra :
Agar tidak tersesat dalam kurungan Triloka yang terbentuk dari segala jenis permata”.

Ini menunjuk pada Alam Dewa dan Alam Manusia. Alam Dewa atau Alam Surga terdiri dari 28 tingkatan, sebesar apapun berkah yang dimiliki manusia di dunia ini takkan mampu sebanding dengan Dewa, bahkan dengan Alam Dewa yang paling rendah sekalipun, yakni Surga Caturmaharajika, manusia juga tak berdaya sebanding dengannya.

Usia manusia begitu singkat, sehari di Surga Caturmaharajika adalah setara dengan 50 tahun Alam Manusia, usia Dewa di Caturmaharajika adalah seribu tahun. Setingkat ke atas lagi adalah Surga Trayastrimsa, Surga Yama, makin ke atas semakin unggul.   

Maka itu Buddha Sakyamuni membuat perumpamaan terhadap para Dewa yang berdiam di 28 tingkatan Alam Surga, sebagai kurungan yang terbentuk dari beraneka ragam permata. Hati tamak anda takkan bisa sirna selamanya, lobha, dosa, moha, keangkuhan dan kecurigaan, di dalam enam alam tumimbal lahir, masih terpikir ingin mencapai lebih tinggi setingkat di atasnya, bukannya berniat keluar dari tumimbal lahir, ini merupakan kesalahan fatal.

Memiliki kesempatan keluar dari tumimbal lahir tapi malah menyia-nyiakannya, sungguh disayangkan, sungguh disesali. Orang yang mana saja? Takutnya malah kena giliran kita sendiri.  

Di atas Jalan Bodhisattva, topik ini sangat penting sekali, Buddha Sakyamuni mengingatkan diri kita melalui sebait kalimat sutra tersebut.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017

【不入一切種類珍寶成就牢獄。】
『種』是種種,『類』是類別。這是指的天上、人間。天有二十八層,人間富貴沒有辦法跟天相比,就是最下面四王天也比不上。人的壽命短促,四王天的一天,是人間五十年,壽命是一千歲,他們的一千歲,其他的說不盡。往上去,忉利天、夜摩天,一層比一層殊勝。所以佛在經上把這個天人,二十八層天,稱之為珍寶牢獄。你的貪心永遠斷不掉,貪瞋痴慢疑,在六道裡頭就想往上超升,不想出輪迴,大錯特錯。有機會出輪迴而疏忽了,這多麼可惜,多麼遺憾。哪些人?就怕輪到我們自己。菩薩道上,這一點很重要,佛在這一段經文裡頭提醒我們。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八五集)  2017/10/8


 

 

Aliran Tanah Suci tersebar sampai ke Tiongkok pada masa Dinasti Han, Master Hui Yuan (Pendiri Aliran Sukhavati di Tiongkok) hidup pada masa Dinasti Han, yakni Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang pertama.

Beliau mendirikan sebuah vihara pelafalan Amituofo di Lushan, Provinsi Jiangxi, yakni Vihara Donglin, sekarang juga masih berdiri. Master Hui Yuan menampilkan teladan yang begitu bagus kepada kita, yakni membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.

Ada sebanyak 123 praktisi yang datang ke Lushan melafal Amituofo, akhirnya mereka ini semuanya berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Praktisi yang lebih lambat meninggal dunia, ketika Buddha Amitabha menjemputnya, dia juga akan melihat rekan-rekannya yang terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati.

Hal ini memberi bukti pada kita, ini bukanlah palsu, kalau palsu, mana boleh ditorehkan ke dalam sejarah, ini merupakan fakta. Lihatlah ada sutra sebagai pedomannya, ada praktisi sejati, ada begitu banyak orang yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal mengikuti Buddha Amitabha datang menjemput. Kita telah mendengarnya, kita telah membacanya, kalau masih saja tidak percaya, maka ini sungguh disayangkan, terlampau memprihatinkan.

Maka itu Upasaka Huang Nian-zu memberitahukan pada kita di sini, andaikata anda hendak memperkenalkan Pintu Dharma ini kepada orang lain, terlebih dulu diri sendiri harus serius mengamalkannya, kalau sebaliknya, anda sendiri saja tidak serius mengamalkannya, orang lain takkan percaya.

Bagaimana cara mengamalkannya? Yakni dengan membangkitkan keyakinan, tekad, melafal Amituofo, berkesinambungan tak terputus. “Melafal Amituofo dengan setulusnya, jangan timbul keraguan, membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.

Bodhi artinya pencerahan, membangkitkan Bodhicitta adalah membangkitkan hati yang melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mengapa demikian? Oleh karena anda telah benar-benar tercerahkan, barulah anda sudi menfokuskan diri melafal Amituofo, barulah membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, benar-benar telah sadar dan tercerahkan.

Sepanjang hayat memiliki tujuan yang pasti, lalu berusaha mewujudkan tujuan tersebut, dijamin anda pasti terlahir ke Alam Sukhavati, mengikuti Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Oktober 2017

淨土宗從漢朝傳到中國,慧遠大師,漢朝人,接受了,這是我們淨土宗的初祖。他在江西廬山建一個念佛堂,東林念佛堂,現在的東林寺,為我們做出最好的榜樣,信願持名。在一起同修的一百多人,個個都往生。後往生的人,見到阿彌陀佛來接引他的時候,圍繞在阿彌陀佛身邊的,是蓮社前往生的人。給我們做證明,這事不是假的,假的不能寫在歷史上,千真萬確的事實。你看,有經典做理論依據,有真正修行人,有那麼多往生人,臨終跟阿彌陀佛一起來接引。我們看到了,我們讀到了,如果不相信,那就太可惜,太冤枉了。

所以,念老在此地告訴我們,你要想把這個法門介紹給別人,你自己得真幹,你要不真幹,別人不相信。怎麼真幹?信、願、持名,念念不斷。這就是「安住無疑」。「老實持念,勿生疑惑。發菩提心,一向專念,是為諸善之本」。菩提是印度梵語的音譯,意思是覺,菩提翻為覺。發菩提心,就是要發念佛求生淨土的心,為什麼?你真正覺悟了,你才肯一向專念,你才會求生淨土,真覺悟了,不是假的。一生穩穩當當,保證你到西方極樂世界,跟阿彌陀佛,證究竟果位。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八五集)  2017/10/8