Buddha
Dharma merupakan ajaran yang paling sempurna diantara seluruh ajaran insan suci
dan bijak, hari ini begitu banyak orang yang tidak mengenalinya, memandangnya
sebagai kepercayaan takhayul, sungguh disayangkan.
Kami
begitu cemas, mencemaskan setelah era kami berlalu, apakah akan ada insan yang
mewarisi dan meneruskannya, hal ini merupakan persoalan besar, bukan masalah
sepele. Andaikata tidak ada insan yang meneruskannya, maka setelah era kami
berlalu, segalanya akan berakhir dan terputus begitu saja, tidak ada orang yang
sudi mempelajari Bahasa Mandarin Klasik, tidak ada orang yang sudi belajar
klasik ajaran Konfusius, apalagi Ajaran Buddha, tidak perlu dikatakan lagi,
bagaimana kelak di masa mendatang? Hanya tahu membaca sutra tapi tidak memahami
makna yang terkandung di dalamnya, ini merupakan problema besar, bukan masalah
sepele.
Maka itu ketika
saya berada di Inggris, berdiskusi dengan dekan University of
Wales mengenai persoalan ini, pertama kali bertatap muka, kami bercengkerama lebih
dari tiga jam lamanya. Sungguh
sulit diperoleh, dia dapat memahami maksudku.
Kemudian dia
mencariku, Agustus tahun silam dia mengunjungiku di Hongkong, tinggal selama
lima hari, berharap agar kami bekerjasama mendirikan Kampus Han (perguruan
tinggi yang khusus mempelajari budaya warisan leluhur Tionghoa). Tujuannya
adalah untuk melestarikan pendidikan dan budaya Han, membina sekelompok insan
usia muda, benar-benar mengemban misi dan tanggung jawab, melestarikan dan
mewariskan pendidikan dan budaya Han kepada generasi berikutnya, mengembangkan
dan menyebarluaskannya.
Seluruh ajaran Konfusius boleh dijadikan materi pendidikan, serta
warisan budaya Tionghoa, boleh menggunakan satelit, internet, menyiarkannya ke
seluruh pelosok dunia, inilah yang dimaksud dengan menyebarluaskan. Kemudian
mencari anak-anak berbakat, dididik sejak usia kecil, agar dia dapat mewarisi
dan melestarikan budaya warisan leluhur Tionghoa. Ini merupakan tugas yang
besar, tidak ada yang lebih besar lagi.
Sang Buddha adalah insan yang jujur, demikian pula dengan siswa Buddha,
hendaknya berlaku sedemikian rupa. Buddha mengajari kita untuk mengamalkan
sila, sila apa yang mesti diamalkan? Saya memberi ceramah sudah 58 tahun
lamanya, saya mengajari orang mesti mengambil Visudhi Trisarana dan
mengamalkannya, Berlindung pada Buddha, Berlindung pada Dharma, Berlindung pada
Sangha.
Sepanjang hayatku, saya berlindung pada siapa? Yakni berlindung pada
Buddha, setelah Buddha tidak berada di dunia lagi, sutra yang dibabarkan masih ada,
masih ada siswa Buddha yang serius mengamalkannya, tak peduli anggota Sangha
maupun praktisi awam, saya juga akan memandangnya sebagai guru, mengikutinya
belajar dengan kesungguhan hati, begini barulah betul.
Akar, akar dari segala akar adalah ajaran bakti, berbakti pada
ayahbunda, menghormati guru dan senior, ini merupakan akar dari segala akar.
Tidak boleh mengelabui diri sendiri, juga tidak boleh menipu orang lain,
mengelabui diri sendiri dosanya sangat berat, rintangan karma ini akan
menyumbat pintu pencerahanmu, sepanjang hayatmu tidak dapat tercerahkan, tidak
memiliki kebijaksanaan sejati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22
Oktober 2017
佛法是聖賢教育當中最完善的,最圓滿的,今天許多人不認識,把它看作迷信,太可惜了。我們擔心,擔心在我們這一代以後,還有沒有人來繼續繼承,這是大事,不是小事。如果沒有人繼承,我們這一代完了之後就中斷了,沒有人學文言文,沒有人學四書五經,宗教經典就更不必說了,傳到以後怎麼樣?經會念,什麼意思不懂。這是大問題,這不是小問題。
所以我在英國,跟威爾士大學校長談到這樁事情,第一次見面,我們就談了三個多小時。非常難得,他聽懂了,明白了,這是大事。所以找我,前年八月到香港來住了五天,他提出來,希望我們合作辦個漢學院。目的是來救漢學,培養一批年輕人,真正有使命感,把漢學繼承下來,發揚光大。那是講經,傳統文化四書、五經、十三經都可以講,中國文化正統的教材,可以用衛星、用網路,對全球播放,這就是光大。再要找年輕的孩子,有這種天分的,從小給他扎根,讓他來繼承傳統文化。這是大事,沒有比這更大了。
佛是老實人,佛的弟子也應如是。佛教我們持戒,持什麼戒?我講經五十八年,我教人一定要守三皈,皈依佛、皈依法、皈依僧。皈是回頭,依是依靠,我這一生依靠誰?依靠三寶,依靠佛陀,佛不在了,經在,還有如理、如法修行的佛弟子,無論在家出家,我都把他當作老師看待,認真的好好的跟他學習,這就對了。
根,根之根是孝道,孝養父母,奉事師長,這是根之根。不能欺騙自己,更不能欺騙別人,欺騙自己罪很重,這個罪障障住你的悟門,你一輩子不會開悟,沒有真實智慧。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四九八集) 2017/10/22
Kita harus menuju ke tempat ini (Alam Sukhavati). Berapa
banyak Bodhisattva, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Buddha Sakyamuni
membabarkan bahwa ada seratus juta Bodhisattva, oleh karena tidak memiliki
jodoh mendengar sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), tidak memiliki kesempatan
bersua dengan Pintu Dharma ini, sehingga mundur dari Bodhicitta, sungguh
disayangkan.
Maka itu Upasaka Xia Lian-ju saat pertama kali
bersua dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, setelah membacanya muncul sukacita
mendalam, keriangan-nya bagaikan orang yang menari-nari. Berapa lama
kegembiraan ini berlangsung? Empat hingga lima hari lamanya. Mengapa bisa
begitu bahagianya?
Ini juga memperagakan untuk diperlihatkan kepada
kita, Upasaka senior ini setiap kelahirannya merupakan jelmaan Bodhisattva yang
datang ke dunia ini, setiap kelahirannya memperagakan saat permulaan belajar
banyak pintu Dharma tetapi tidak mampu menyelesaikan masalah tumimbal lahir,
setelah bersua dan membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, menyadari bahwa kali ini
sungguh bagus sekali, surat jaminan sudah ada di tangan.
Asalkan membangkitkan keyakinan benar, benar-benar
yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya, Buddha Amitabha nyata adanya, Buddha
Amitabha benar-benar telah mengikrarkan 48 tekad agung, menjemput seluruh
makhluk di sepuluh penjuru alam, asalkan dia yakin dan bertekad terlahir ke
Alam Sukhavati, Buddha Amitabha melakukan penjemputan dengan setara, menjemput
seluruh makhluk ke Alam Sukhavati, menjamin dirimu pasti meraih keberhasilan
nan sempurna.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22
Oktober 2017
這個地方要去。多少菩薩,我們在前面念過了,佛說有一億菩薩,由於沒有機緣聽到這部經,沒有機會遇到這個法門,退失菩提心,多可惜。所以夏蓮居老居士,最初遇到《無量壽經》,他讀了之後,生大歡喜,手舞之,足蹈之,快樂就像在跳舞一樣。快樂多久?四、五天。為什麼那麼快樂?這也是表演給我們看的,這個老居士生生世世菩薩再來的,生生世世修學多少法門,解決不了問題,看到《無量壽經》,這下好了,保證書拿到手了。只要真信,相信極樂世界真有,阿彌陀佛真有,阿彌陀佛真的發四十八願,接引十方世界一切眾生,只要他相信,只要他願意到極樂世界,阿彌陀佛平等的接引,都把他接到極樂世界去,保證你成就。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第四九八集) 2017/10/22