Keyakinan
benar dan tekad menyeluruh, keyakinan benar adalah terhadap Alam Sukhavati
tiada keraguan sama sekali, terhadap “Sutra Usia Tanpa Batas”, apa yang
tercantum dari awal hingga akhir, juga tiada keraguan sama sekali, ini adalah
keyakinan benar; benar-benar ingin pergi
ke Alam Sukhavati, makin cepat makin bagus, memiliki tekad yang bulat.
Asalkan
anda bersedia dengan setulusnya melafal sepatah Amituofo, maka dapat terjalin
dengan Buddha Amitabha. Di sini kita melafal namaNya, Beliau mendengarnya, lalu
mengamati kesungguhan hati kita, apakah kita serius atau tidak berniat terlahir
di Alam Sukhavati. Andaikata kita benar-benar berniat ke sana, maka Buddha
Amitabha pasti datang menyampaikan pesan kepadamu, kapan Beliau akan datang
menjemputmu.
Sebaliknya
apabila anda masih mencemaskan dunia ini, masih mendambakan dunia ini, di mulut
anda bilang mau pergi, kenyataannya anda tak ikhlas, Buddha Amitabha sangat
berMaitri-Karuna, menuruti kehendak para makhluk, takkan memaksa dirimu.
Maka
itu, walaupun sudah bertahun-tahun lamanya anda melafal Amituofo, satu kali pun
tidak dapat bersua dengan Buddha Amitabha, apa alasannya? Setengah percaya
setengah tidak. Andaikata Buddha Amitabha benar-benar muncul di hadapanmu, anda
akan ketakutan setengah mati, memangnya sekarang sudah mau dijemput pergi?
Tidak boleh, saya masih banyak urusan di dunia ini yang belum diselesaikan,
masih banyak hal yang belum disampaikan pada keluarga.
Anda
masih memiliki begitu banyak persoalan, maka Buddha Amitabha takkan mau
merepotkan dirimu, Beliau mengetahuinya, makanya takkan datang dan hadir di
hadapanmu. Terkecuali apabila dirimu sudah ikhlas dan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati telah bulat, sedikitpun tidak memiliki kekhawatiran lagi, segala
kemelekatan telah dilepaskan, anda melafal Amituofo, Buddha Amitabha pun hadir
dan menyampaikan padamu kapan Beliau akan menjemputmu terlahir ke Alam
Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24
Oktober 2017
真信、切願,真信就是對於極樂世界一絲毫懷疑都沒有,對於這部《無量壽經》從頭到尾裡頭所說的沒有一絲毫懷疑,這真信了;真想去,真想到極樂世界,愈早愈好,有這個懇切的願望。下面,只要你肯老老實實念這一句阿彌陀佛,跟阿彌陀佛就感應道交。我們這裡念他,他聽到,他在那裡觀察我們,我們一念他就曉得,觀察我們,我們是真想去還是假想去?真想去,他就來了,佛來傳遞信息給你,什麼時候來接引你,跟你約時間。如果你對這個世間還有牽掛,還有留戀,嘴裡說想去,實際上又捨不得,阿彌陀佛很慈悲,就恆順眾生了,不勉強你。所以你念了多少年的佛,一次也沒見到過,什麼原因?半信半疑。佛要真來的時候你害怕了,現在就要走?不行,我還有好多事情沒交代。你還有那麼多問題,所以佛就不麻煩你了,他知道,他就不來了。真正想去,一點牽掛都沒有了,統統放下了,你念,真的就把他念來了,好消息傳到了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第五OO集) 2017/10/24
Menfokuskan
pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, tiada khayalan dan perbedaan. Bukan
hanya Dharma duniawi yang harus dilepaskan, bahkan Buddha Dharma juga mesti
dilepaskan. Di dalam Ajaran Buddha terdapat 84 ribu pintu Dharma, mustahil anda
dapat menguasai beragam pintu Dharma, anda hanya dapat memilih satu Pintu
Dharma saja.
Hari
ini Buddha Maha Maitri Maha Karuna memberitahukan pada diri kita Pintu Dharma
ini, yakni melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Syarat
terlahir ke Alam Sukhavati, Master Ou Yi berkata, tergantung pada keyakinan dan
tekad, asalkan sempurna akan keyakinan dan tekad, melepaskan segala
kemelekatan, maka syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati telah sempurna.
Benar-benar
yakin, tiada keraguan sama sekali, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, melepaskan
segala kemelekatan dari lubuk hati yang paling dalam, tiada satupun hal yang
dapat membuatmu khawatir, di dalam hati hanya ada sepatah Amituofo, baik
berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, di dalam hati hanya melafal
Amituofo, yang lainnya apapun tidak ada, inilah yang disebut keyakinan benar.
Keyakinan, tekad dan pengamalan, tiga syarat ini sempurna, maka anda pasti
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24
Oktober 2017
便一其心,一心專念,沒有妄想、沒有分別。不但世間法要放下,佛法也放下。佛有八萬四千法門,你沒有辦法從這麼多門進去,你只能選一門。今天佛大慈大悲告訴我們這個門,就是念佛求生淨土。往生極樂世界的條件,蕅益大師說得好,完全在信願,你具足信願,放下萬緣,往生極樂世界條件你就具足了,你就有了。真正相信,一點不懷疑,願生淨土,把這個世界從內心裡頭徹底放下,沒有一樣東西是掛念在心上的,心上只掛念著阿彌陀佛,行住坐臥心裡頭就是一句阿彌陀佛,其他的什麼也沒有,這叫真信。信、願、行三個條件具足,你必定得生。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第五OO集) 2017/10/24
Sutra memberitahukan kita, “Berdiam dalam
kebijaksanaan sejati, tekun melatih tanpa gentar”, anda harus mengetahui bahwa
pilihan ini merupakan kebijaksanaan sejati. Setelah kebijaksanaan sejati
muncul, barulah tekun melatih tanpa gentar dapat terwujud, mencapai tujuan,
sasarannya adalah Buddha Amitabha datang menjemput kita terlahir ke Alam
Sukhavati.
Sesampainya di Alam Sukhavati, kita mengikuti
Buddha Amitabha belajar Buddha Dharma, mencapai kesempurnaan dalam waktu
singkat, sungguh berbeda dengan tempat di sini. Di alam saha ini terlampau
banyak godaan, sehingga anda tidak dapat menfokuskan pikiran. Sedangkan di Alam
Sukhavati, apa yang anda lihat dan anda dengar, keseluruhannya adalah jodoh
Dharma untuk mencapai KeBuddhaan, tidak ada rintangan Mara.
Benda-benda ini menggoda dan memikat dirimu, agar
kamu merasa kegirangan, supaya di hatimu timbul kekotoran batin (klesa), semua
ini adalah jodoh penghambat. Tidak sanggup dan tidak ikhlas meninggalkan dunia
ini, karma baik berbuah dengan kelahiran di tiga alam bajik, karma buruk jatuh
ke tiga alam rendah. Selamanya anda tidak bisa keluar dari enam alam tumimbal
lahir, kelahiran demi kelahiran, sejak kalpa tanpa awal sampai hari ini, bagaimana
tidak merasa malu? Bagaimana hati ini tak terasa sakit?
Keinginan untuk keluar dari alam saha ini merupakan
pencerahan, merupakan kebijaksanaan sejati, hanya saja belum tahu caranya. Hari
ini kita dapat bersua dengan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), bertemu dengan
Pintu Dharma ini, sungguh tak terbayangkan!
Kita mesti berterimakasih pada Buddha Amitabha,
yang telah mewujudkan Alam Sukhavati adalah Buddha Amitabha; kita
berterimakasih pada Buddha Sakyamuni yang telah memperkenalkan sutra ini kepada
kita, kalau bukan Buddha Sakyamuni yang memperkenalkannya kepada kita, kita
tidak tahu adanya hal ini, maka itu budi kebajikan Sang Buddha adalah
sedemikian besar adanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24
Oktober 2017
經上告訴我們,「住真實慧,勇猛精進」,你一定要知道,這個選擇是真實智慧。真實智慧現前了,勇猛精進我們就能達到,達到目標,目標是阿彌陀佛來接引我們往生。我們到極樂世界,跟阿彌陀佛學習佛法,快速成就,跟此地大不一樣。此地因為誘惑東西太多了,讓你不能專心。極樂世界你所見到的、聽到的,聞到、接觸到的,都是成佛的法緣,沒有魔障、沒有障礙。這些東西誘惑你的,讓你歡喜,讓你生煩惱,統統都是障緣。捨不得離開這個世界,善緣來生三善道,造作惡業惡緣來生三惡道,你永遠不能擺脫六道輪迴,生生世世無量劫到今天,能不慚愧嗎?能不痛心嗎?想出去是覺悟,是真實智慧,沒有方法。那我們要今天遇到這部經,遇到這個法門,不可思議!我們要感謝阿彌陀佛,建造極樂世界是阿彌陀佛;我們感謝本師釋迦牟尼佛為我們介紹,如果不是釋迦牟尼佛為我們介紹,我們不知道有這回事情,所以這個介紹人恩德大。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回) (第五OO集) 2017/10/24